Peralatan Melukis Dasar yang Harus Diketahui Pemula

Melukis tak harus menjadi pandai atau hebat dulu untuk melakukannya. Meski begitu setidaknya kita mengenal apa saja peralatan melukis yang harus disiapkan. Sehingga, proses melukis menjadi lebih mudah dan tidak salah dalam pemilihan alat.

Tapi apakah saya harus mempunyai semua alat-alatnya?

Alat-alat melukis pada dasarnya memang banyak dan fungsinya berbeda-beda. Namun, jika melukis hanya untuk hobi dan kesenangan, hal yang dibutuhkan sebenarnya adalah kreativitas. Seperti misalnya ketika tidak punya palet cat, anda bisa menggunakan potongan sisa triplek atau piring plastik datar.

Namun, tidak ada salahnya untuk mengenal peralat melukis. Berikut ini ulasan mengenai beberapa alat-alat untuk melukis beserta jenis, harga, dan ukuran.

10 Peralatan Melukis Dasar

1. Kuas

Kuas adalah peralatan melukis yang wajib ada sebelum membuat lukisan. Ada beragam jenis kuas dengan fungsi yang berbeda-beda. Fungsi tersebut tentunya bergantung pada bentuk dan ukuran kuas. Nantinya, hal ini akan membedakan hasil kuas yang satu dengan kuas yang lain.

Sebagai contoh, kuas round brush ukuran kecil digunakan untuk melukis atau mewarnai bagian maupun gambar yang kecil dan detail. Jika anda ingin melukis rambut, maka disarankan untuk menggunakan brush kecil untuk menunjukkan detail rambut. Begitu juga ketika menggambar detail ornamen.

Apa yang terjadi jika kita salah menggunakan kuas?

Penggunaan kuas yang salah akan mempengaruhi hasil lukisan anda. Menggunakan kuas flat untuk mewarnai bentuk gambar yang tidak terlalu luas akan sangat menyulitkan. Kuas flat biasanya digunakan untuk mewarnai background gambar sebelum ditindih oleh gambar lain.

Namun, tentunya anda tidak perlu membeli semua jenis kuas dengan ukuran yang lengkap. Biasanya saya hanyak melengkapi kuas jenis round brush dari ukuran 1-6 dan kuas flat ukuran 5-9.

Untuk kuas jenis rigger brush saya hanya menyiapkan ukuran 1-5 saja. Dan satu lagi, kuas mop juga wajib ada untuk melukis area yang sangat luas.

2. Palet Cat

Jika anda pergi ke toko buku atau toko alat tulis, ada banyak sekali palet cat yang dijual. Dari segi warna, ukuran, hingga harga.

Bagaimana cara memilih palet cat?

Saya cenderung memilih palet yang berwarna putih. Palet putih akan menonjolkan warna cat yang saya gunakan. Apalagi jika saya melukis ditempat yang tidak terlalu cerah atau terang.

Palet cat yang saya pilih biasanya tidak telalu cekung. Bahkan saya lebih suka yang datar, terutama ketika menggunakan cat yang kental seperti akrilik dan cat minyak.

3. Cat dan Pengencernya

Sebelum melukis, sebaiknya menentukan jenis cat dan media yang akan digunakan. Jika anda menggunakan cat akrilik, cat air, dan cat poster, maka anda bisa menggunakan air sebagai pelarutnya.

Untuk cat minyak, anda harus menyiapkan minyak khusus untuk cat tersebut. Pada dasarnya cat minyak dapat larut dalam minyak apapun. Namun, tingkat keenceran dan hasil lukisan akan sedikit berbeda.

Cat yang cukup terjangkau dan mudah didapat adalah cat air dan cat poster. Penggunaannya pun mudah, kuas yang kotor karena sisa cat bisa dicuci dengan air.

4. Serbet atau Kain Pembersih

Alat satu ini sangat sepele kedengarannya. Tapi dalam proses melukis, anda akan membutuhkan lap atau kain pembersih untuk membantu membersihkan dan mengeringkan kuas.

Anda bisa menggunakan lap seadanya, tissue, atau kain khusus. Jadi setelah mencuci kuas di air atau pengencer lainnya, keringkan dengan menggunakan lap tersebut.

5. Wadah untuk Persediaan Air dan Tempat Mencuci Kuas

Membiarkan kuas yang kotor karena terkena sisa cat hingga mengering adalah kebiasaan yang kurang baik. Nah, sebaiknya, sebelum disimpan, kuas harus dicuci hingga bersih sehingga siap dipakai untuk melukis selanjutnya.

Ketika melukis, pastikan anda telah menyiapkan wadah untuk mencelupkan kuas. Ini berguna untuk membersihan dan menjaga kuas agar tetap basah.

Adanya wadah ini juga berguna sebagai tempat persediaan air. Jika sudah keruh, ganti dengan air yang baru sehingga air tidak merusak warna cat yang lain.

6. Peralatan Melukis : Easel

Easel adalah salah satu peralatan melukis yang membantu anda agar dapat melukis dengan nyaman. Bentuk easel yaitu berupa kayu atau plastik yang sedikit miring dan bisa diatur ukurannya. Gunanya adalah untuk menyesuaikan dengan ukuran kanvas anda.

Harga alat ini tidak mahal karena bisa digunakan berkali-kali. Namun, jika anda sudah merasa cukup dengan menggunakan meja biasa, maka anda tidak wajib membeli alat ini.

7. Media untuk Melukis

Yang dimaksud media di sini adalah tempat anda melukis. Media melukis bisa berupa kertas, kanvas, plastik, tempok, maupun kayu. Sebelum membeli cat, pastikan anda telah menentukan media apa yang akan digunakan. Karena media yang berbeda juga membutuhkan cat yang berbeda pula.

8. Peralatan Melukis Tambahan

Beberapa tutorial melukis di internet biasanya menggunakan alat-alat tambahan untuk menghasilkan lukisan yang diinginkan. Misalnya selotip khusus digunakan untuk melapisi bagian kanvas yang tidak ingin terkena cat agar terlihat lebih rapi.

Alat lainnya yang biasa digunakan adalah cotton bud atau kapas. Kedua alat ini jika digunakan dengan teknik tertentu bisa menghasilkan usapan warna yang khas yang lembut dan sedikit pudar. Biasanya sering digunakan saat melukis awan.

Nah beberapa perlatan melukis di atas dapat dengan mudah kita temukan. Jika alat-alat yang dibutuhkan sudah ada, kini saatnya memulai berkreasi.

 

nomsaa

20 thoughts on “Peralatan Melukis Dasar yang Harus Diketahui Pemula

  1. Masih inget banget ketika saya sakit waktu SD. Permintaan ke ibu biar cepet sembuh adalah cat air dan kuasnya yang kecil. Ajaibnya ya sembuh. Terima kasih cat air hehe

  2. Aku gak bisa menggambar. Kalo ada tugas melukis saat SMP suka nyuruh tetangga. Kalo difikir2 ngapain nyuruh orang? Ya namanya melukis untuk mengasah kreatifitas, tapi ya kami mengejar nilai 😀

  3. Saya sebenarnya paling seneng dengan kria melukis, sayangnya untuk mendapatkan peralatan lukis yg lengkap susah. Untuk mendapatkan peralatan lukis yg lengkap dimana ya?

    Di daerah saya kayaknya susah nyarinya.

  4. Kangen melukis…. Mendadak aku jadi pengen hunting alat-alat lukis lagi. Padahal aku yakin hasil lukisanku ancur, bisanya cuma lukis gunung, matahari, pohon dan jalan tapi nggak papa deh.

    1. Baru tau lho saya klo kuas ada banyak jenisnya..lagi belajar lukis dengan cat minyak di kanvas tapi kmrn beli kuas nya 3 biji sama semua ukurannya haha salah ya..untung sy baca artikel ini..mksh ya kak infonya..

  5. Sekarang aku jadi tau kenapa harga lukisan itu bisa mahal banget. Ya ternyata peralatannya ya banyak dan harganya gak murah juga ya. Ada kanvas, easel, kuas, dll belum lagi harga cat minyaknya.

  6. Waah aku jadi belajar banyak nih. Dulu terakhir maianan cat air waktu SMP, itupun palet sama kuasnya udah sepaket. hehehe. Jadi baru tahu deh kalau kuasnya bermacam-macam dan fungsinya juga beda-beda. Seneng baca di sini, jadi tahu juga kalau kayu penyangga buat menyimpan media untuk melukis itu namanya easel.

  7. Wah thank you infonya. Karena saya dan anak pernah ikut lomba melukis baju pakai cat minyak tanpa persiapan matang. Karena nggak tahu apa saja yang perlu dipersiapkan kalau melukis pakai cat minyak, sampai minyaknya saja nggak bawa, wkkkwkkk.

    1. Paling takjud sama pelukis. Skillnya tuh dewa lah. Dan paling suka juga kalau ke stationary liat-liat perlengkapan melukis. Btw, canvas lumayan yak harganya.

  8. Aku belum pernah melukis di canvas. Pernah di kertas. Waktu itu belajar Chinese painting, belajar di kertas singkong. Wah, kangen jadinya melukis lagi. Suka lupa waktu nih kalau melukis…

  9. Ternyata kuas juga ada macam-macamnya ya.
    Dari sejak jaman sekolah sampai sekarang, saya tahunya ya cuma kuas yang paling kecil itu. belikan buat anak-anak pun nemunya ya cuma itu.

  10. Saya mah tahunya beli doaaaaang, gak tahu nama-namanya mba. Hehehe. Tulisan ini bikin saya tahu bahwa tatakan kanvasnya itu namanya easel.

    Anak saya sudah punya nih semua di rumah. Kami bebaskan anak kami berekspresi untuk urusan menggambar dan melukis selama dia gembira.

  11. Dulu kecil pernah dibeliin panel cat yang Bagus Bagus bgt.. Aku coba tuh gambar2 poles2

    Dan aku menyadari saat itu juga klo aku ga ada bakat sama sekali di gambar menggambar. Hihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *