10 Aplikasi, Platform, dan Media Pembelajaran Online

Sudah dua minggu ini saya mengajar dari rumah, tepatnya semenjak pemerintah mengeluarkan surat edaran agar sekolah dialihkan menjadi Belajar di Rumah. Para pengajar akhirnya mau tidak mau harus belajar bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran online.

Mengajar menggunakan media online memang tidak semudah yang dibayangkan. Beberapa kesulitan muncul karena kurang terbiasa, terkendala jaringan internet, hingga SDM yang belum memahami cara penggunaannya.

Oleh karena itu di artikel ini akan diulas beberapa pilihan media pembelajaran online yang mudah, lengkap dengan plus dan minusnya.

Media Pembelajaran Online

1. Quizizz

media pembelajaran online quizizz
media pembelajaran online quizizz

Ok, pasti sudah banyak guru yang tidak asing dengan platform Quizizz. Quizizz adalah platform yang cukup populer dikalangan siswa dan guru karena mudah digunakan, seru, dan interaktif.

Seperti namanya, di dalam Quizizz kita bisa menemukan berbagai macam game dalam bentuk quiz, mulai dari pelajaran sekolah hingga quiz-quiz umum. Tapi Quizizz buka quiz biasa, karena ketika bermain dan berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, pemain akan mendapatkan kartu bantuan sebagai reward.

Dan uniknya lagi, pemain yang menjawab semua pertanyaan dengan benar belum tentu menduduki peringkat pertama. Karena ternyata, semakin cepat menjawab soal dengan benar, maka poin yang didapatkan akan semakin besar pula.

Antusisme siswa dalam mengikuti quiz di paltform ini luar biasa. Anda akan merasakannya ketika menjadi penyelenggara quiz dan melihat perolehan skor para pemain yang saling kejar-kejaran.

Selain itu, kelebihan Quizizz adalah semua fitur dapat digunakan secara gratis. Anda bisa membuat quiz sebanyak mungkin dengan jumlah pertanyaan yang cukup banyak. Dalam setiap quiz anda bisa menambahkan foto, video, bahkan suara.

Kekurangan quiz ini akan sangat terasa ketika anda menjadi seorang guru/penyelenggara quiz namun beberapa siswa anda tidak bisa mengikuti quiz tepat waktu. Mengapa??

Jadi, game akan dimulai jika setidaknya ada satu orang yang bergabung dan anda bisa langsung menekan tombol “Mulai”. Nah setiap sesi game ini mempunyai link dan kode yang berbeda. Ketika game selesai, maka untuk dapat memulai game, anda harus membagi link atau kode baru kepada pemain.

Dengan kata lain, laptop atau smartphone anda harus stand by di halaman game ketika game sedang berlangsung. Kalau game sudah selesai dan tiba-tiba ada siswa yang terlambat gabung, tentu saja anda harus membuat link baru.

2. Google Form

media pembelajaran online google form
media pembelajaran online google form

Google Formulir atau Google Form adalah salah satu media pembelajaran online yang cukup diminati karena sederhana. Berbeda dengan Quizizz yang hanya bisa menyediakan soal pilihan ganda, google form juga bisa digunakan untuk membuat soal essay.

Platform satu ini cocok digunakan untuk memberikan tugas individu yang tidak terbatas waktu yang sempit, efisien, dan formal. Anda juga bisa menambahkan foto/gambar, mengubah jenis soal menjadi essay, isian singkat, pilihan ganda, dan lain-lain.

Kelebihannya yaitu google form dapat merekap nilai secara otomatis dan dilaporkan kepada anda dalam bentuk grafik maupun file excel. Jadi platform ini cocok sekali untuk guru yang ngga mau ribet.

Namun, kekurangannya adalah ketika anda membuat soal essay atau isian singkat. Nilai memang bisa langsung muncul secara otomatis setelah responden (dalam hal ini siswa) mengirim jawaban. Namun anda harus mengatur kunci jawaban agar hasil koreksi google sesuai dengan yang anda mau.

Saran saya, sebaiknya untuk soal essay anda harus mengoreksi secara manual sehingga nilai yang diperoleh siswa lebih real.

3. Google Classroom

media pembelajaran online google classroom
media pembelajaran online google classroom

Nah, sebenarnya google form adalah bagian dari google docs dimana mereka ini masih saudara kandung dengan google classroom. Ibaratnya seperti ini, Google Classroom adalah ruang kelas, sedangkan google form, google docs, dll adalah buku tulisnya.

Cara menggunakan platform ini bisa dibilang mudah jika anda sudah terbiasa. Mulanya, guru harus membuat kelas terlebih dahulu, misalnya “IPA kelas 6A”. Setelah itu, guru harus membagikan kode kelas kepada siswa. Dalam hal ini siswa harus memiliki akun Gmail untuk bisa bergabung.

Setelah itu guru harus membuat topik pelajaran yang akan dibahas. Misalnya topik “Bab 2, Klasifikasi Makhluk Hidup”. Setelah itu, guru membuat materi yang diarahkan ke dalam topik Klasifikasi Mahkluk hidup. Materi ini bisa berupa video youtube, website, maupun file dokumen dari google drive maupun komputer guru.

Kemudian, guru menambahkan tugas kedalam topik tersebut. Nah tugas ini tentu saja bisa berupa google form. Semua materi dan tugas ini bisa dijadwalkan kapan akan diberikan, jadi guru bisa membuatnya jauh-jauh hari.

Untuk kekurangan google Classroom sendiri sebenarnya tidak ada. Namun, memang guru harus menguasai dan memahami cara penggunaannya karena tampilannya sedikit rumit jika belum terbiasa. Untuk tutorialnya bisa anda baca selengkapnya di sini ya.

4. Hangouts

media pembelajaran online hangouts
media pembelajaran online hangouts

Merasa kurang jika belum menerangkan materi secara langsung? Anda bisa memilih menggunakan media pembelajaran online bernama Hangouts. Hangouts sebenarnya adalah aplikasi yang bisa dipasang di laptop maupun smartphone.

Anda bisa menjelaskan materi dengan menampilkan video anda maupun menggunakan power point dan saling mengirim pesan. Namun, untuk dapat menggunakannya anda dan peserta lainnya harus memiliki aplikasi Hangouts dan log in menggunakan akun Gmail.

5. Zoom

media pembelajaran online zoom
media pembelajaran online zoom

Selain Google Hangouts, pilihan aplikasi lainnya yaitu Zoom. Aplikasi ini cukup ringan untuk digunakan, namun jika anda menggunakan secara gratis anda hanya memiliki waktu sekitar 30 menit.

Setelah 30 menit, meeting akan dihentikan dan anda harus membuat meeting baru dengan kode yang berbeda. Dengan aplikasi Zoom, ratusan siswa bisa bergabung ke meeting anda sehingga bisa menghemat waktu. Namun, anda perlu mempertimbangkan batasan waktu coba gratis untuk menyampaikan materi pelajaran.

6. Cram.com

media pembelajaran online cram
media pembelajaran online cram

Main game tapi tetap belajar, ngga perlu download aplikasi pula, memangnya ada?

Tentu saja, ada! Jika anda baru mendengar platfrom bernama Cram, inilah salah satu platform yang memberikan cara berbeda dalam belajar.

Cram memiliki dua pilihan metode belajar, essay dan flashcard. Siapa saja bisa mendapatkan berbagai macam contoh essay dengan topik yang beragam. Tentunya essay yang bisa diakses secara gratis ini bisa menambah wawasan anak didik kita.

Selain essay, anda juga bisa memanfaatkan fitur flashcard agar metode pembelajaran online anda lebih bervariatif. Cara menggunakan fitur ini yaitu dengan membuat flashcard anda sendiri, lalu memilih metode pembelajaran yaitu:

  • memorize
  • test
  • game

Untuk metode memorize, siswa diberikan beberapa flashcard berisi pertanyaan maupun informasi. Dibalik flashcard tersebut terdapat jawaban dari pertanyaan maupun informasi yang diberikan.

Siswa harus mampu menjawab pertanyaan, kemudian siswa menekan tombol “See Answer”. Jika siswa menjawab benar, maka ia harus menekan tombol “I got it right“, namun jika salah ia wajib menekan tombol “I was wrong“.

Selanjutnya untuk metode test, guru bisa menentukan jenis soal yang akan diberikan. Bisa berupa pilihan ganda maupun mencocokkan. Cara mengerjakannya pun seperti mengerjakan tes pada umumnya.

media pembelajaran online
media pembelajaran online cram

Metode yang terakhir yaitu metode game. Setelah membuat flashcard, guru bisa memilih jenis game yang ada, Jewels of Wisdom atau Stellar Speller. Kedua game ini sangat seru dan mudah untuk dimainkan.

7. Media Pembelajaran Online Ruang Guru

Ada banyak cara untuk belajar online baik untuk menggantikan pembelajaran di sekolah maupun untuk menambah wawasan siswa. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu memanfaatkan aplikasi Ruang Guru.

Aplikasi karya anak bangsa ini menyediakan berbagai video materi pelajaran yang dikategorikan berdasarkan jenjang atau kelas. Bahkan selama wabah Corona ini, Ruang Guru mengadakan sesi Live Teaching dengan waktu yang terjadwal demi memenuhi kebutuhan belajar.

Untuk dapat menggunakan Ruang Guru, guru dan siswa harus memiliki dan mendaftar akun di aplikasi. Kemudian memilih kategori sebagai pengajar atau siswa. Setelah itu pengguna memilih kurikulum pembelajaran yang digunakan serta jenjang pendidikan.

Anda akan mendapatkan begitu banyak video pembelajaran dengan materi yang terbilang cukup lengkap. Beberapa video di Ruang Guru memang bisa ditonton secara gratis terutama untuk Video Live Teaching.

Namun untuk bisa melihat video premium anda harus berlangganan terlebih dahulu. Video di aplikasi ini tidak dapat didownload, namun anda bisa menontonnya berulang kali di waktu yang lain.

8. Zenius

Sama seperti Rung Guru, Zenius merupakan aplikasi belajar online berbasis smartphone. Zenius memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk belajar secara online tanpa biaya dan bisa dilakukan di manapun.

Anda hanya perlu mendaftar dan memilih kurikulum pembelajaran serta jenjang yang sedang dijalani. Semua video di media pembelajaran online ini bisa ditonton gratis dan tidak ada batas waktu. Namun, beberapa materi menurut saya tidak sama dengan silabus, terutama untuk jenjang SD.

Dari segi penjelasan dan animasi, video Zenius lebih sederhana dan lugas. Video-videonya pun sangat ringan sehingga tidak terlalu membutuhkan quota internet yang terlalu besar.

9. Media Pembelajaran Online Quipper

Satu lagi platform belajar online terkemuka dan berkualitas, yaitu bernama Quipper. Anda mungkin tidak asing dengan platform belajar dan bimbingan online satu ini.

Quipper menyediakan layanan khusus untuk siswa dan guru. Beberapa layanan tersebut dibagi menjadi empat layanan utama yaitu Quipper Video, Quipper Video MasterClass, Quipper School untuk guru, dan Quipper Campus.

Menurut website resminya, Quipper juga memberikan layanan konsultasi persiapan masuk perguruan tinggi. Quipper terkenal dengan kualitas pembelajaran yang sangat padat, lengkap, dan muda dipahami.

10. Youtube

Media pembelajaran online lainnya yang tak kalah menarik adalah Youtube. Di platform ini anda akan menemukan banyak channel yang membahasa materi pembelajaran.

Bahkan tak sedikit video yang membahas materi sesuai dengan silabus pembelajaran salah satunya video pembelajaran Tema 8 untuk kelas 4 SD.

Tidak hanya video pembelajaran yang disesuaikan dengan silabus, video edikatif lainnya sangat mudah didapatkan melalui youtube. Youtube akan merekomendasikan video maupun channel edukasi yang mungkin anda minati.

Nah, kesepuluh media pembelajaran online di atas mungkin hanya segelintir platform yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran online.

Jika anda mempunyai rekomendasi platform, aplikasi, maupun media pembelajaran online lainnya, sila berbagi di kolom komentar ya.

20 thoughts on “10 Aplikasi, Platform, dan Media Pembelajaran Online

    1. Wah saya gk begitu paham tentang platform yang mba sebut. Tapi akhirnya jadi ngerti dan sedikit paham tentang perbedaan dan kelebihan kekurangan masing-masing. Makasih yaa

  1. Informasi yang menarik, ternyata ada banyak ya media pembelajaran. Jadi sangat memudahkan siswa dan juga guru dalam melakukan proses pembelajaran secara daring. Harus di coba nih…

  2. Sudah sedemikian banyak yang media pembelajaran online di Indonesia. Tinggal anak-anak saja yang harus ditingkatkan semangat belajarnya agar menjadi generasi yang berhasil di kemudian hari. Thanks k sharingnya ini penting banget untuk diketahui.

    1. Pembelajaran online paling sering liat yutub hehehe, secara aku ga bisa masak ya terus sekarang bulan Ramadhan. Karena di rumah hanya ada mama yang mulai sakit jadi semua2 aku dehh . Ya anggap aja belajar kalau nanti ada yg melamar jadi tau buat masakan seperti apa ,wkwk jangan sampai ga bisa ngupas salak hahah

  3. Youtube udah emang paling de bes hehe tapi ya mesti pinter cari-cari channel yang pas. Kelemahannya kadang gak terstruktur kayak media pembelajaran yang khusus. Harus pinter milih-milih. Enaknya gratis, cuma bayar kuota aja. Sebagai rasa terima kasih, iklannya gak pernah saya skip.

  4. Ternyata banyak juga ya media pembelajaran online. Selama ini aku pakai yang Youtube dan zoom aja. karena anak2 masih umur PAUD. jadi kadang gurunya kirim link Youtube untuk mengikuti bikin itu dan zoom untuk pembelajaran singkat secara online dgn gurunya

  5. yang belum kucoba nomer 1 itu quizi, yang lain udah pernah coba. seru ya jaman sekarang banyak platform yang bs memudahkan kita, dan banyak yg gratis juga

  6. Banyak banget ya pilihan aplikasi atau platform untuk media belajar online. Tapi yang sering saya lihat adalah pada pake Google Classroom. Anak saya, juga guru-guru di sekolah tempat saya kerja.

  7. Di sekolah anakku pakai Quizziz, seru juga itu aplikasinya
    Anakku bilang kayak main game tapi ada kuis-kuisnya. Trus warna dan tata letak setiap fiturnya juga menarik buat anakanak. Jadi betah belajarnya

    Belakangan sempat pakai zoom juga, jadi lebih asyik karen bisa tatap muka, sekalian reuni sama teman-teman deh. Seruuuu

  8. Baru nyobain yang Ruang Guru, nih. Itu pun karena ada fasilitas quota gratis dari provider. hahaha. Ntar aku mau cobain aplikasi yang lain deh untuk Aira. Makasih sharingnya, Kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *