Jenis Alat Mewarnai: Wajib Diketahui sebelum Membelinya

Jika anda ingin membuat lukisan di kertas gambar yang tipis, tentu pewarna yang cocok adalah pewarna yang kental atau tidak terlalu encer. Atau jika ingin menggambar di plastik, tidak tepat jika anda menggunakan crayon. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui jenis alat mewarnai agar karya yang dihasilkan lebih bagus. Apalagi jika kita menggambar menggunakan media yang berbeda-beda.

Di artikel sebelumnya telah dibahas tentang cara menggambar di media yang berbeda, dimana alat dan pewarna yang digunakan juga berbeda. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas mengenai jenis alat mewarnai.

Jenis Alat Mewarnai yang Mudah Ditemukan

1. Pensil warna

pensil warna
pensil warna

Pewarna andalan yang kita gunakan sejak masih bersekolah di taman kanak-kanak adalah pensil warna. Pewarna ini sangat cocok digunakan di kertas. Beberapa pensil warna dapat menghasilkan kesan seperti cat air jika diusap dengan kuas basah.

Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli pensil warna adalah keras tidaknya pensi warna. Untuk pensil warna yang lunak biasanya menghasilkan warna yang lebih tajam dan merata.

2. Cat Air

jenis alat pewarna cat air tube
cat air tube

Jenis alat mewarnai ada banyak sekali di pasaran. Namun pewarna kali ini sangat banyak macamnya. Biasanya kita hanya tahu bahwa cat air itu hanya ada satu macam. Namun seiring berkembangnya kebutuhan menggambar, maka banyak sekali produk yang beredar.

Jika anda perhatikan, ada cat air yang khusus untuk warna-warna soft atau pastel. Maka, warna yang dihasilkan akan sedikit pudar. Cat air jenis ini biasanya dijual dalam bentuk padatan.

cat air padat
cat air padat

Secara umum, cat air bersifat transparan dan tentu saja bahan pengencernya adalah air. Dalam dunia seni rupa, cat air sebaiknya digunakan dengan metode aquarel (melakukan pengenceran terlebih dahulu sebelum digunakan).

Teknik aquarel ini ada 2 macam:

a. teknik basah

Teknik ini biasanya dikenal dengan istilah wet on wet. Cara melakukannya adalah dengan cara membasahi media menggambar dengan air. Kemudian cat air yang telah diencerkan diusapkan ke media gambar tersebut. Hasilnya terlihat seperti gambar di bawah ini.

wet on wet
wet on wet

b. teknik kering

Teknik kering atau wet on dry dilakukan dengan cara menguaskan cat air ke atas kertas atau media lain yang dibiarkan kering. Hasilnya akan sangat berbeda dengan teknik sebelumnya.

perbedaan wet on wet dan wet on dry
perbedaan wet on wet dan wet on dry

3. Cat Akrilik

contoh hasil melukis dengan cat akrilik
contoh hasil melukis dengan cat akrilik

Alat pewarna jenis tersebut adalah salah satu cat favorit saya karena warnanya yang kuat, pelarutnya yang murah, dan serba guna.

Pewarna ini juga dapat dicampur dengan air. Namun ketika cat ini kering, hasilnya tidak akan luntur jika terkena air. Jadi, sangat berbeda dengan cat air.

Oleh karena itu ketika selesai melukis, jangan lupa untuk membersihkan kuas yang telah dipakai. Selain bertujuan agar kuas menjadi bersih, juga agar sisa cat yang menempel udah dibersihkan.

4. Cat Minyak

cat minyak
contoh hasil melukis dengan cat minyak

Cat minyak adalah salah satu dari jenis-jenis pewarna yang mudah ditemukan. Dari namanya kita tahu bawah media cat ini adalah minyak.

Perbedaan dengan cat jenis lain adalah hasil dari penggunaan cat minyak terlihat lebih tebal. Biasanya cat minyak dicampur langsung di atas kanvas.

Berdasarkan daya tahannya, cat minyak memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan cat air. Hasilnya lebih terang dan kuat serta lebih berkilau daripada cat lainnya.

5. Cat Poster

hasil cat poster
contoh hasil menggambar dengan cat poster

Cat poster adalah salah satu pewarna dengan harga yang relatif murah. Hampir sama seperti cat air, cat poster juga diencerkan dengan air.

Dalam penggunaannya, sebaiknya jangan terlalu encer. Sebab, hasilnya akan sedikit pudar dan kurang kuat.

6. Krayon

jenis alat pewarna krayon

Jenis pewarna krayon adalah pewarna yang udah sekali digunakan. Krayon dapat terlarut di dalam minyak karena bahannya mengandung minyak.

Sifat pewarnaannya menutup dan tebal. Hasil yang diperoleh ketika menggunakan krayon sangat khas. Tingkat kebauran warna tidak seperti cat. Anda harus menumpuk warna berulang kali secara perlahan untuk mendapatkan hasil pencampuran yang terbaik.

7. Beragam Jenis Pastel

Oil Pastel
Oil Pastel

Jika anda ingin mengeksplor teknik pewarnaan lainnya, anda bisa menggunakan pastel. Pewarna ini memiliki beragam jenis seperti oil pastel dan soft pastel.

Cara menggunakan pastel adalah dengan menggosokkan di permukaan yang ingin diwarnai. Sedangkan untuk pastel lunak caranya dengan membaurkan serbuk pastel dengan menggunakan kapas atau tangan. Hasil gambaran dengan menggunakan pastel adalah sebagai berikut.

hasil soft pastel jenis alat pewarna
hasil soft pastel

Itulah jenis alat mewarnai yang harus kita ketahui sebelum membelinya di toko. Masing-masing pewarna menghasilkan nuansa yang khas. Anda bisa memilihnya berdasarkan media gambar yang akan digunakan maupun dari hasil gambaran yang diinginkan nantinya.

Selamat menggambar!

Salam,

nomsaa

27 thoughts on “Jenis Alat Mewarnai: Wajib Diketahui sebelum Membelinya

  1. Wah ternyata banyak sekali jenis pewarna ya
    Buat anak saya biasanya saya beliin pensil warna, crayon dan cat air aja
    Itu berarti pemakaiannya tergantung media menggambarnya ya
    Jadi menyesuaikan

    1. saya suka alat pewarna crayon pastel klo buat anak2 lbh aman dan ga usah ngeraut krna tajam dan ga cepet kering kyk spidol paling kotor tangan aja…aman lah buat anak2 hehe

  2. Mba Novi.. anakku yang cewek, no 1 dan 2 suka sekali mewarnai dan menggambar. Sejauh ini aku masih membelikan cat air , oil pastel dan juga crayon.

    Untuk cat minyak dan acrylic kayaknya belum cocok untuk usia SD. Trus harganya juga mihil, hihi

  3. Sebagai orang awam yg gak ngerti gambar, aku masih bingung mba bedanya krayon sama pastel. Kok aku lihatnya sama aja. Hahaha. Tapi pas beliin anak aku jadi bingung, bentuknya sama, tapi harga beda. Kalo dilihat dari sisi keamanan penggunaan, lebih aman krayon atau pastel mba?

  4. Mewarna seru banget! Sampe sekarang sesekali masih mewarna hehehe
    Paling doyan sama pensil warna, kadang cat air tapi yang dari pensil warna tetep aja yak wkwwk

  5. Aku masih belum jelas bedanya krayon ama pastel lho. Kukira sama aja, ternyata bahan dasarnya ya yang bikin beda. Aku paling suka Teknik cat air tuh. Hasilnya selalu bikin surprise. Ada kayak blebernya gitu, jadi bagus…

  6. Kalo anakku baru kenal cat air, pensil warna sama krayon. Next mau aku kenalin ah sama cat poster dan cat minyak dulu. Gemes kalo liat hasil gambar anak-anak tuh. Melted apalagi kalo udah ada tulisan “I love you Bunda”-nya.

  7. Dulu pas SD belajar mewarnai dengan berbagai jenis cat warna. Tapi kalau pake cat akrilik belum pernah. Sepertinya harus nyoba pake cat akrilik deh,

  8. Thank you infonya Mom. Saya pernah nih ikut lomba melukis baju berdua anak. Syaratnya pakai cat minyak, wah karena masih awam ya saya beli cat nya tapi nggak beli minyaknya. Hihihiii …

  9. Postingan yang komplit banget, ini, plus contoh haslnya. Jadi emak seperti saya yang anaknya agak suka menggambar bisa membayangkan akan membelikan alat pewarna yang mana.

  10. Selama ini saat membeli cat warna hanya tahu cat air, kayu dan crayon. Itu pun sekedar digunakan untuk mewarnai pemandangan yang dibuat untuk anak-anak di sekolah. Membaca informasi ini tertarik untuk mencoba cat akrilik yang menghasilkan warna lebih cantik di contoh tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *