Fitur Ibis Paint X Ternyata Banyak Sekali! (Part 2)

Fitur-fitur Ibis Paint X sebelumnya telah dibahas dalam artikel part 1, selanjutnya kita akan masuk ke aplikasi ini lebih dalam lagi. Mengenal dan memahami kegunaan masing-masing fitur ataupun alat di aplikasi akan memudahkan anda saat menggunakannya. Layaknya masuk ke rumah baru, tentu anda akan memahami denah rumah dan fungsi masing-masing ruangan.

Fitur-fitur yang akan dibahas di sini adalah fitur yang ada di dalam area menggambar kita nantinya. Ada banyak sekali icon yang mungkin sebagian terlihat asing. Yuk, simak penjelasan selengkapnya mengenai fitur-fitur Ibis Paint X berikut.

Fitur-fitur Ibis Paint X yang Utama

Untuk memudahkan anda dalam mempelajari aplikasi menggambar digital di android ini, maka saya membagi fitur menjadi dua bagian. Fitur yang pertama saya sebut sebagai Bar yang terletak di bagian bawah, sedangkan yang lain masuk di kelompok Toolbar Atas.

Fitur Ibis Paint X Bagian Bawah (Bar)

fitur ibis paint x

1. Switch

Biasanya saat menggambar, terdapat bagian-bagian yang kurang sempurna maupun tidak rapi. Oleh karena itu, kita akan membutuhkan alet penghapus untuk merapikannya. Switch memudahkan anda untuk mengganti kuas dengan eraser atau penghapus dengan cepat dan praktis.

2. Tools

fitur ibis paint X

Di dalam tools ini terdapat beberapa alat yang berbeda seperti brush, transform, magic word, lasso, filter. Selain itu juga ada eraser, smudge, blur,text, bucket, eyedropper, frame divider, canvas, dan setting. Memahami fungsi-fungsi alat tersebut memang tidak bisa cepat. Jadi, cara yang paling tepat menurut saya adalah mencoba sambil belajar.

Transform digunakan untuk mengubah ukuran gambar, memindahkan, maupun mengubah perspektif dan rotasi. Kemudian untuk lasso digunakan untuk menyeleksi gambar lebih detail. Jika anda ingin gambar anda terlihat lebih menarik dengan efek, anda bisa menggunakan alat filter.

Saat menggambar tentunya anda harus mengubah pilihan tools ini menjadi brush dengan cara menekan icon brush. Di aplikasi ini anda pun bisa menambahkan text, namun untuk saat ini belum ada pilihan jenis font.

Bagaimana dengan alat smudge dan blur? Keduanya sangat diperlukan untuk membuat gambar terlihat lebih smooth dan nyata. Di lain kesempatan saya akan mencontohkan penggunaan keduanya dalam proses menggambar menggunakan Ibis Paint X.

Kelebihan menggambar menggunakan Ibis Paint X adalah kita dapat mewarnai gambar dengan cepat dan merata. Alat yang digunakan untuk mewarnai objek dengan cepat ini adalah bucket. Syaratnya, gambar anda tidak “bocor” atau garis-garis saling berhimpitan atau bertemu satu sama lain.

3. Brush

fitur ibis paint X brush

Sekarang kita masuk dalam pembahasan brush, salah satu tools yang hukumnya wajib dimiliki oleh aplikasi menggambar digital. Nah, seperti yang telah saya bahas sebelumnya bahwa pilihan brush di Ibis Paint sangat beragam, bahkan di awal saya bingung akan menggunakan yang mana.

Ibis Paint X sendiri memiliki 325 jenis brush yang bisa anda atur sendiri ketebalan dan ukurannya. Uniknya, aplikasi ini bisa menyimpan brush cuctom yang sudah anda atur untuk keperluan menggambar selanjutnya. Di fitur ini terdapat preview brush sehingga ketika anda mengubah pengaturannya. Anda bisa langsung mengetahui bentuk atau hasil brush tersebut.

4. Color

Fitur color ini cukup penting karena dalam aplikasi menggambar android membutuhkan palet warna yang mudah diubah dan diatur. Pewarna di sini menggunakan pengaturan RGB sehingga anda bisa mengatur warna dengan bebas.

5. Fitur Ibis Paint X Tampilan Fullscreen

Bagi anda yang menginginkan area drawing space yang lebih lebar, gunakanlah fitur fullscreen ini. Cara menggunakannya adalah dengan menekan tombol fullscreen yang berbentuk anak panah. Fitur ini akan menyembunyikan toolbar dan bisa anda munculkan lagi ketika dibutuhkan.

6. Layer

fitur ibis paint X

Betapa lengkapnya fitur Ibis Paint X sebagai aplikasi menggambar di android ini. Bagaimana tidak, anda bisa mengatur layer atau lapisan sehingga memudahkan anda untuk menyembunyikan bahkan menghapus bagian gambar yang kurang bagus.

Di dalam fitur Ibis Paint X satu ini anda bisa menambahkan layer sebanyak mungkin sesuai kebutuhan hingga menyembunyikan layer. Selain itu masih ada banyak fitur seperti add layer, mirror setting, add photos, take photos, clipping, alpha lock, dan lain sebagainya. Pembahasan mengenai fitur ini akan dibahas secara detail di artikel selanjutnya ya.

7. Back

Nah, setelah anda selesai menggambar, anda bisa kembali ke menu awal dan menyimpan hasil karya anda. Fitur ini terletak di sebelah kanan bawah yang berbentuk anak panah ke kiri. Di fitur Ibis Paint X tersebut anda diberi opsi untuk menyimpan file dalam format PNG, transparent PNG, atau langsung menuju My Gallery.

Fitur Ibis Paint X Bagian Atas

1. Undo dan Redo

Tentunya di setiap aplikasi menggambar secara digital selalu ada fitur undo dan redo. Kegunaan fitur ini adalah untuk mengembalikan gambaran sebelum atau sesudah.

2. Select

fitur ibis paint X

Di menu select ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu cut, copy, paste, clear layer, remove selection are, select opacity, dan invert selection area. Masing-masing alat ini berguna ketika anda ingin menduplikat beberapa bagian gambar. Anda pun bisa menghapus gambar tanpa menghapus layer.

3. Stabilizer dan Drawing Tool

Stabilizer adalah alat yang memudahkan anda agar sketsa anda terlihat lebih rapi dan sempurna. Anda bisa mengatur stabilizer ini. Fitur lain di dalam alat ini yaitu force fade, method, dan drawing tool.

4. Fitur Ibis Paint X Ruler dan Symmetry Ruler

fitur ibis paint X

Apakah anda pernah melihat gambar digital yang sangat sempurna garis dan lekukannya? Ketika menggambar benda yang permukannya rata, terkadang terasa sulit karena tangan kita belum terbiasa. Namun, fitur ini memungkinkan anda untuk membuat garis lurus hingga lingkaran yang sempurna.

5. Materials

fitur ibis paint X

Fitur kali ini mungkin tidak selalu digunakan ketika menggambar, tapi cukup unik dan menarik. Di fitur materials anda akan diberi banyak pilihan tekstur dan patterns untuk mempercantik gambar. Fitur ini biasanya digunakan saat menggambar pakaian maupun kain atau backgroud tertentu.

Well, cukup panjang ya penjelasan mengenai fitur Ibis Paint X kali ini? Namun ketika kita menggambar dan mulai terbiasa dengan semua alat-alatnya, rasanya pasti tidak sesulit itu.

21 thoughts on “Fitur Ibis Paint X Ternyata Banyak Sekali! (Part 2)

  1. Wuah kereeeeeen. Saya jadi ingat ada aplikasi Mosela mba. Aplikasi tempat para desainer grafis yg jago gambar bisa nyari uang. Kayaknya mereka ahli banget nih urusan-urusan yang beginian. Harus belajar nih.

  2. Aku belum install nih aplikasinya. Saking banyaknya pilihan jadi bingung. Tapi bagus nih ada tutorial/ penjelasannya. Aku jadi belajar banyak. Makasih…

  3. Hwaaa seru, aku dari dulu nyari aplikasi yang bisa bikin gambar jadi kayak kartun gitu hehehe. Ibis paint x nanti aku mau nyobain ah, dan mau baca dulu part satunya nanti biar makin paham akunya cara penggunaannya. Terima kasih sharingnya 🙂

  4. Ibis Paint ini memang powerful banget, istri saya suka menggambar dengan aplikasi ini. Sampai-sampai dia pengen dibeliin tablet biar menggambarnya lebih asik. Ya, tapi sayangnya belum saya belikan sampai sekarang, soalnya kebutuhan lain juga banyak.

    Eh, kok malah jadi curhat ya. Maaf Mbak, hehe

  5. Fiturnya lengkap ya dan sepertinya bisa juga digunakan bagi pemula yang masih belajar desain dan gambar. Aku selama ini sih masih sebatas pakai canva, atau sesekali photoshop. Boleh nih mencoba ibis paint x ini juga next time

  6. My lovey dovey Ibis Paint X. Fitur lengkap dan penggunaan yang sederhana yang bikin jatuh cinta 🙂

    Membaca artikel ini membuatku pengen lagi nyoret2 di Ibis 😀

    Let’s see next month ah.

  7. Patut dicoba ini. Apalagi untuk bikin thumbnail foto postingan kayaknya asik. Apalagi untuk ikut lomba blog. Menarik pastiiii

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *