Aplikasi Menggambar Digital: Fitur di Ibis Paint X Part 1

Fitur di Ibis Paint X-Aplikasi menggambar digital saat ini mulai booming dikalangan para artist karena lebih compact dan praktis. Selain itu, menggambar dengan aplikasi menggambar digital memudahkan kita untuk mengedit, menghapus, atau menambahkan elemen tertentu.

Nah, berbicara tentang pergambaran digital duniawi ini, ada banyak sekali pilihan aplikasi menggambar digital di Play Store. Tapi karena saya pengguna Android, maka aplikasi yang akan saya kupas di sini adalah aplikasi menggambar di Android yaitu Ibis Paint X.

Pembahasan mengenai Ibis Paint X, khususnya tentang fitur di dalamnya, akan saya bahas secara bertahap. Agar apa? Tidak lain tidak bukan agar tidak kepanjangan. Saya akan membuat bacaan kali ini seperti Ind*mie goreng default, “1 kurang, 2 kebanyakan.”

Yak, let’s jump to it, peps!

Apa itu Ibis Paint X?

Singkatnya, Ibis Paint X adalah salah satu aplikasi menggambar di Android. Mendapatkannya pun tidak sesulit mencari kitab suci, alias mudah dan tentu saja gratis.

Menurut website resminya, aplikasi menggambar gratis ini dibuat berdasarkan keinginan banyak orang (termasuk saya!). Mereka mengusung sebuah visi yang menarik yaitu menjadikan setiap tempat, di manapun dan kapanpun adalah studio.

Dengan kata lain, Ibis Paint X dapat dipasang di tablet, smartphone, bahkan PC. Artinya, anda pun bisa menggambar dengan santai dan nyaman melalui smartphone bahkan saat berada di tengah huru-hara. Hehehe gak gitu juga ding.

Sebenarnya aplikasi ini didesain untuk mereka yang suka menggambar manga. Oleh karena itu, ngga heran kalau banyak banget tutorial menggambar Manga dengan Ibis Paint X di Youtube.

Tapi, karena fiturnya banyak sekali, Ibis Paint X banyak juga digunakan untuk menggambar atau mendesain. Nah, sampai sini kita tahu ya bahwa Ibis Paint adalah aplikasi menakjubkan.

Mengapa Ibis Paint menjadi Favorit banyak Orang?

Kesukaan masing-masing orang memang berbeda. Teman saya yang alumni jurusan DKV lebih nyaman dan suka pakai aplikasi Medibang Art. Sedangkan saya, jatuh cinta banget sama Ibis Paint X ini.

Lalu mengapa aplikasi menggambar digital ini begitu diminati? Hal ini dikarenakan Ibis memiliki banyak kelebihan, di antaranya yaitu:

1. Fitur Lengkap

Aplikasi tanpa fitur yang lengkap rasanya seperti lautan tanpa ikan-ikan. Aplikasi ini tentu saja sangat memerhatikan masalah tersebut. Apalagi Ibis sengaja diciptakan bagi mereka yang suka menggambar manga.

Untuk urusan brush atau kuas, Ibis Paint X punya ratusan pilihan. Bahkan ukuran dan transparency dapat diatur dengan mudah. Fitur-fitur lainnya secara lengkap akan dibahas dalam subjudul berikutnya ya.

2. Mudah Digunakan

Dahulu saya mengenal aplikasi ini dari seorang teman yang suka dunia gambar-menggambar. Sama seperti kebanyakan orang, pertama kali mencoba sesuatu yang baru pasti butuh adaptasi dan harus banyak mengenal ini dan itu.

Saat pertama kali mencoba Ibis, saya juga mencoba aplikasi lainnya karena penasaran. Dan saya merasa Ibis Paint X adalah salah satu yang paling simpel dan mudah.

3. Banyak Video Tutorial

Jika anda seperti saya yang masih awam dan butuh banyak latihan menggambar digital, maka adanya tutorial akan sangat membantu. Tutorial menggambar di Ibis Paint X sangat banyak, dari mulai menggambar rambut sampai yang lebih rumit.

Tutorial ini bisa anda dapatkan dari Youtube dan di dalam aplikasi Ibis sendiri. Karena banya tutorial yang beredar di internet, maka ini akan menjadi kabar gembira bagi para amatir untuk belajar Ibis Paint lebih baik.

4. Dapat Disimpan dalam Berbagai Format

Kelebihan selanjutnya adalah file format yang bisa dihasilkan dari aplikasi Ibis. Memang tidak sebanyak Adobe atau aplikasi lainnya, tapi bagi saya file format yang disediakan sudah sangat cukup.

5. Ringan dan Ngga Gampang Rewel

Kebiasaan hp Android kalau terlalu banyak aplikasi yang berjalan, bisa mempengaruhi proses menggambar dengan aplikasi. Lain halnya dengan aplikasi menggambar digital satu ini. Sangat ringan dan ngga menambahi beban hidup :’).

6. Gratis tapi ngga Kaleng-kaleng

Yah, saya dan mungkin juga anda pasti sering menemukan kekurangan di aplikasi-aplikasi gratis. Entah itu di nagian fitur yang kurang memadai hinggal munculnya iklan yang bertubi-tubi sampai mengalahkan fungsi aplikasi itu sendiri.

Meski gretongan, Ibis tetap ngga pilih kasih yang kebangetan. Iklan, sih, tetap ada bahkan tak jarang saya keliru menekan iklan saking semangatnya hehehe. Namun kemunculkan iklan dan posisinya tidak mengganggu bagi saya.

Fitur-fitur Aplikasi Menggambar Digital Ibis Paint X

Berikut beberapa fitur di Ibis Paint X yang sangat penting untuk diketahui.

1. Online Gallery dan Collection

Di fitur online gallery anda akan menemukan banyak karya dari artist-artist luar negeri. Setiap karya ini bahkan bisa anda lihat prosesnya dalam bentuk video timelapse.

Anda pun bisa memilih kategori karya yaitu karya terbaru, populer, artist yang telah disubscribe, dan halaman anda (my page). Bahkan karya-karya tersebut dikelompokkan lagi berdasarkan illustration dan comic.

Selanjutnya untuk fitur collection adalah tempat semua karya yang anda download melalui online gallery. Melalui fitur tersebut anda bisam membuka kembali gambar yang disukai secara offline.

2. My Gallery

Fitur di Ibis Paint X

Inilah tempat semua koleksi karya ya g telah anda buat. My gallery memudahkan anda untuk melihat maupun memilih gambar yang telah dibuat sebelumnya untuk diedit ulang tau disimpan dalam format tertentu.

Apa yang bisa anda lakukan di my gallery? Selain melihat betapa kerennya hasil karya yang sudah anda buat sebelumnya, anda juga bisa langsung menyimpan gambar tersebut ke format yang berbeda. Format yang disediakan seperti: jpeg, png, mp4, ipv, dan psd. Namun, terlebih dahulu anda harus memilih gambar yang akan disimpan.

Fitur di Ibis Paint X

Selain itu, anda juga dapat menduplicate file gambar dengan praktis dan cepat. Tentu, tanpa perlu membuka dan menunggu loading gambar terlalu lama.

Untuk dapat mengetehaui informasi mengenai file gambar, Ibis memiliki fitur artwork information. Di dalam fitur ini, anda pun bisa mengupload gambar tersebut sehingga banyak orang bisa melihatnya.

Fitur tambahan lainnya yang ada di my gallery adalah edit dan new. Fitur edit digunakan untuk mengedit ulang gambar. Sedangkan new digunakan untuk membuat gambar baru

3. News dan Daily Ranking

Ini adalah salah satu kelebihan Ibis Paint X yang tidak dimiliki aplikasi lain. Di dalam news anda akan memperoleh informasi seputar tutorial dan update lainnya.

Sedangkan daily ranking adalah semacam pameran karya berdasarkan rangking terbaik. Jika karya anda yang sudah di upload mendapatkan ranking yang baik, tentu akan bayak orang yang dapat melihatnya.

Masih banyak fitur di Ibis Paint X yang memudahkan anda dalam menggambar digital. Fitur lainnya yang tidak kalah penting akan dibahas dalam artikel selanjutnya. Jika tidak ada halangan, akan ada pembahasan tentang tutorial menggambarnya juga. See you!

19 thoughts on “Aplikasi Menggambar Digital: Fitur di Ibis Paint X Part 1

  1. Menggiurkan untuk mendownload terkadang hanya tersimpan dimemory hp tanpa tau hari diapakan lagi. Secara saya tidak bisa menggambar tapi tak ada salahnya untuk mencoba apps yang keren ini.

  2. Fitur nya keren banget ya ..cocok nih buat yang hobi orat oret kayak saya hehe..biasa sy pake pensil dan kertas ..kyknya boleh juga nih coba aplikasi ini..mksh kak infonya..

  3. Wah ternyata ibis paint x lengkap juga ya fiturnya. saya kira hanya sebatas buat menggambar manga saja, ternyata bisa juga buat menggambar desin yang lebih menarik..

    Perlu dicoba install di smartphone saya juga nih, itung2 latihan menggambar..

  4. Fokus saya langsung ke nomer deh, duh dasar gratisan. Tapi paling penting itu memang output filenya bisa disimpan ke tipe apa aja. jadi fleksibel gitu buat kebutuhan apapun. Nice job buat Ibis Paint. makasih mbak review-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *