Contoh Lukisan Unik dan Keren untuk Referensi dan Inspirasi

Vincent Van Gogh, Pablo Picasso, Leonardo Davinci. Mendengar nama-nama tersebut apa yang terlintas di pikiran kita? Ya, mereka adalah para pelukis dengan karya yang mendunia dan melegenda. Mungkin kamu akan terinspirasi melihat contoh lukisan dari seniman satu ini.

Dunia seni mempunyai berbagai macam dan aliran lukisan. Mengetahui dan mengenal hal tersebut menjadi dasar jika kamu ingin menjadi seorang seniman. Bagaimana jika Kamu tidak bercita-cita menjadi pelukis?

Artikel ini bukan ditujukan khusus kepada penggiat dunia seni, semua informasi juga sangat berguna bagi siapa saja yang membacanya. Lalu apa saja macam dan aliran lukisan? Mari kita bahas satu persatu.

Contoh Lukisan untuk Memperkaya Referensi

1. Lukisan Pemandangan

contoh lukisan pemandangan
Sumber: etsy.me

Lukisan jenis ini pada dasarnya digambarkan secara landscape dengan tema bervariasi. Contoh lukisan pemandangan atau landscape memiliki subjek utama berupa pemandangan. Tema yang banyak digunakan adalah gunung, sawah, hutan, laut, pohon, dan sungai.

lukisan pemandangan simple
Sumber: annamasonart.com

Walaupun hanya lukisan pemandangan namun jangan dianggap remeh. Kamu bisa memanfaatkan opsi ini untuk membuat karya sederhana menjadi luar biasa.

Jika Kamu tinggal di daerah perkotaan, pemandangan di area tersebut juga bisa dijadikan pilihan. Kamu bisa melukis gedung pencakar langit, pemukiman warga, objek wisata, perkantoran, taman kota, atau jalan tol.

Bahkan pelukis sekelas Vincent Van Gogh pernah membuat penggambaran sebuah pabrik. Lukisan ini berjudul “Factories at Asnieres seen from the Quai de Clichy”.

contoh lukisan
Sumber: art-vanGogh.com

Hasil karya bergantung pada perspektif pelukis. Pemandangan alam sederhana bisa membuat kamu berdecak kagum.

Sebuah lukisan terkenal dibuat oleh Vincent Van Gogh. Lukisan berjudul “Road with Cypress and Star” ini hanya beratensi pada pohon cemara.

Bagaimanapun juga, setiap orang memiliki selera seni berbeda.

Bukankah lebih baik menjadi diri sendiri dengan sudut pandang unik kamu?

2. Contoh Lukisan Pemandangan yang Mudah Ditiru

lukisan pemandangan yang mudah ditiru
Sumber: Rang rasya art

Apakah Kamu pernah mendapatkan mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di sekolah? Mata pelajaran ini mengasah dan menguji kemampuan seni siswa, termasuk seni rupa khususnya seni lukis.

Sebuah tema yang paling sering digunakan adalah gunung. Seseorang dapat melukis gunung dari yang sederhana sampai profesional.

Sawah merupakan pemandangan alam lain yang kerap digambar karena mudah untuk ditiru. Secara sederhana, Kamu hanya perlu menarik garis membujur dan miring melintang.

lukisan langit malam
Sumber: etsy.com

Kemudian, menggambar padi atau tanaman lain dalam ruang yang dihasilkan garis-garis tersebut. Ingin terlihat lebih hidup? Kamu bisa menambah unsur lain seperti hewan dan petani, serta memberi gradasi warna dalam lukisan tersebut.

Indonesia merupakan negara dengan beribu pulau. Pernyataan tersebut secara tidak langsung menawarkan berbagai pemandangan pantai yang indah. Hal ini juga cukup mudah untuk digambar.

Anak-anak usia TK dan SD pada umumnya menggambarkan pohon-pohon kelapa berjejer di sepanjang pantai ditambah dengan beberapa kepiting yang menyebar serta ikan-ikan yang berenang di laut.

3. Contoh Lukisan Bunga

contoh lukisan bunga
Sumber: watercolorpainting.com

Bunga adalah tanaman yang terkenal akan keharuman dan keindahannya. Apakah Kamu adalah salah satu penggemarnya? Tak ayal jika bunga banyak diwakilkan dalam bentuk lukisan.

Kamu bisa melukis bunga matahari, mawar, anggrek, dan sepatu. Setiap jenis biasanya memiliki makna tersendiri, seperti bunga mawar yang berarti cinta dan matahari yang berarti cahaya.

gambar bunga mudah
Sumber: ftd.com

Kamu bisa berfokus pada sebuah bunga dalam gambaran besar maupun rangkaiannya. Kamu dapat menambahkan hewan seperti kupu-kupu dan lebah yang hinggap atau terbang mendekati bunga.

Beberapa tetes air juga dapat membuat suasana lebih hidup sehingga menambah efek nyata pada gambar.

Selain itu, tambahan satu atau lebih tangkai sangat mungkin untuk dipadukan dalam lukisan.

Jika kamu ingin melukis bunga namun masih bingung, Kamu bisa membuka referensi di internet. Terdapat tutorial-tutorial yang dapat kamu baca untuk menggambar bermacam jenis bunga.

lukisan bunga simple
Sumber: apieceofrainbow.com

Platform youtube juga menyediakan beberapa konten edukatif bagi para pelukis awam hingga profesional. Tidak harus sama, Kamu dapat berkreasi dengan warna-warna yang berbeda.

Tertarik mencobanya? Kamu bisa mendapatkan tutorial menggambar maupun melukis bunga di sini.

4. Contoh Lukisan Realisme

Lukisan Realisme
Sumber: hamparan.net

Realisme merupakan salah satu contoh lukisan yang cukup terkenal dalam dunia seni. Aliran ini menggambarkan subjek sebagaimana aslinya tanpa adanya penambahan unsur lain yang bermakna lain.

Pada umumnya, realisme menggambarkan kehidupan sehari-hari mayoritas masyarakat. Contoh yang dapat dilukis adalah pekerjaan seperti jual beli di pasar dan makhluk hidup seperti tokoh masyarakat.

Sebagaimana namanya, realisme mengangkat tema yang realistis. Lukisan dibuat gamblang dan nyata. Melebihkan atau mendramatisir subjek lukisan bukanlah ciri dari gaya ini. Ketika Kamu melakukan hal tersebut maka lukisan akan beraliran romantisme.

Sebaliknya, jika Kamu berkarya dengan tingkat keakuratan yang tinggi dan sama persis dengan sebuah model maka akan menjadi naturalisme.

Berikut adalah tokoh-tokoh dan beberapa karya mereka yang beraliran realisme:

  1. Basuki Abdullah, karya: Horses, Diponegoro Memimpin Pertempuran, dan DR. Ir. Soekarno Presiden RI.
  2. Lukisa karya Raden Saleh: Hutan Terbakar, Berburu Kerbau di Jawa, dan Penangkapan Pangeran Diponegoro.
  3. Sindoesoedarsono Soedjojono, karya: Di Depan Kelambu Terbuka dan Pengunso serta Seko.
  4. Honore Daumier, karya: The Third Class Carriage.
  5. Gustave Courbet, karya: The Stone Breaker dan A Burial at Ornans.
  6. Edouard Manet, karya: Luncheon on the Grass dan Olympia.
  7. Thomas Eakins, karya: The Agnew Clinic dan The Gross Clinic.
  8. Henry O. Tanner, karya: Banjo Lesson.

5. Contoh Lukisan Naturalisme

Lukisan Naturalisme
Sumber: taldebrooklyn.com

Lukisan dengan gaya naturalisme sebenarnya tidak terlalu rumit dipraktekkan. Aturan penting dalam aliran ini adalah presisi tingkat kemiripannya dengan subjek dalam hal ini alam.

Kamu bisa berkunjung ke tempat-tempat dengan pemandangan menarik seperti gunung dan danau. Ketika mempraktekkannya, Kamu bisa sekaligus menikmati indahnya alam. Mungkin terdengar mudah namun apakah benar demikian?

Melukis keadaan secara nyata memerlukan keahlian. Kamu harus mengukur skala subjek asli untuk di proyeksikan dalam ukuran kertas. Komposisi, warna dan detail juga perlu diperhatikan agar meninggalkan kesan natural.

Semakin mirip dengan referensi maka semakin mendekati nyata (natural). Naturalisme menawarkan tingkat kesulitan dan kemudahan bersamaan. Cukup menantang, bukan?

Berikut adalah Beberapa Tokoh Beraliran Naturalisme beserta Contoh Karyanya

Lake with the Dead Trees dan The Consummation of Empire
Sumber: wikipedia.org
  1. John Constable, karya: Dedham Vale, Maria Bincknell, dan The White Horse.
  2. Thomas Cole, karya: Lake with the Dead Trees dan The Consummation of Empire.
  3. William Bliss Baker, karya: Fallen Monarchs.
  4. Abdullah Suriosubroto, karya: Pemandangan Gunung.
  5. Basuki Abdullah, karya: Pantai Flores.

Demikian adalah beberapa contoh lukisan. Sebenarnya masih banyak yang belum masuk dalam list. Semoga informasi yang tertulis dalam artikel ini dapat membantu Kamu memahami seni lukis.

Sekali lagi perlu diingat bahwa semua karya itu indah. Lukisan yang terlihat jelek di mata seseorang belum tentu bernilai sama di mata orang lain.

Baca Juga:

Cara Menggambar Bunga Basic

Latihan Melukis Dasar (Pemula Wajib Tahu)

nomsaa

14 thoughts on “Contoh Lukisan Unik dan Keren untuk Referensi dan Inspirasi

  1. lukisan nya sangat bagus sekali. memiliki tingkat emosional yang baik. dan estetika alur cerita lukisan ini sangat baik. apalagi ini gambar memiliki ilustrasi yang ada sebuah cerita yang disisipkannya.

  2. Kagum sekali melihat berbagai aliran lukisan yang saya rasa bagus semua. Kalau sejak SD yang paling dikenal Raden Saleh dengan Penangkapan Pangeran Diponegoro-nya

  3. Ah. Saya setuju tentang lukisan yang pling banyak ditiru. Gunung dan sawah. Dulu saat pelajaran seni dan ada tugas menggambar ya dua hal ini yang sering jadi objek.

    Itu dari sudut pandang orang yang nggak ngerti seni sama sekali sih.

  4. Aha.. saya jadi teringat akan pekerjaan menggambar saat sekolah. Entah kenapa kok lukisan gunung menjadi sangat legend se-Indonesia raya ya kak.
    Anehnya hingga kini, masih banyak anak yang menggambar gunung tersebut untuk kerjaan sekolahnya. Hehe

  5. Aku suka iri kalau lihat teman yang suka corat-coret dan hasilnya sebuah “lukisan” yang bagus. Padahal cuma pakai pensil, eh hasilnya bagus gitu, dan ngerjainnya tuh kadang menurutku nggak fokus. Misalnya saat lagi bosen dengerin kuliah dari dosen hehehe

  6. Lukisan realisme aku suka sekali , andai itu lukisanku hihihi aku jg suka menggambar sih, sejak sd kalau menggambar nilaiku paling tinggi. Tapi kalau melukis aku blm pernah, sepertinya ribet, tapi kalau melihat lukisan orang lain, kepingin gambar hehe

  7. Selalu terkesan sama lukisan berikut pelukisnya… sayang nggak bisa nglukis… ya sudah cuma jadi penikmat aja… lukisan kaya gini kalau diliat bikin pikiran tenang sederhana tapi menyentuh… (meskipun bikinnya pasti nggak sederhana_ Tapi apa yaa…. kesannya gitu loh yang sederhana

  8. Walaupun saya serumah dengan guru seni yang bisa melukis pemandangan, tetapi masih awam soal lukisan. Soalnya suami tuh tak pernah menjelaskan secara detail sedetail artikel ini. Keren banget.

  9. cakep-cakep ya kak. terlihat mudah ditiru..tapi sesungguhnya harus ada triknya. jadi inget pernah nonton ig tv apa youtube pelukis gitu bikin tutorial melukis, aku lupa deh apa akunnya

  10. Saya paling suka lukisan pemandangan pohon yang sendirian itu. Kayaknya meneduhkan dan menentramkan. Bener ya kalo lukisan itu memang berpengaruh banget ke jiwa kita. Pantesan harganya mahal.

  11. wah kalau udah lihat lukisan sebagus itu langsung adem ya hati ini. jiwa raga terasa damai… sayangnya saya gak bisa ngelukis. tapi seneng lihat lukisan yang indah dan bagus. salut sama pelukisnya. hebat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *