Cara Menggambar Pemandangan tanpa Perlu Skill Master

Kita semua pastinya sudah tidak asing lagi dengan gambar pemandangan. Ketika masih di sekolah dasar, siapa sih yang tidak pernah menggambar dua gunung dengan matahari di tengah-tengahnya? Cara menggambar pemandangan memang tidak pernah diajarkan ketika itu.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang bagus, ada cara-caranya, lho!

Oh ya. Saat kita masih kecil, menggambar mungkin terasa mudah karena ibu guru pasti memuji hasil gambaran kita. Tapi entah mengapa makin dewasa, banyak orang menganggap menggambar itu sulit.

Di artikel ini, akan dibahas beberapa cara yang harapannya bisa membantu anda untuk menggambar pemandangan agar lebih keren.

Tapi, masa iya, gambar pemandangan hanya dua gunung dan matahari yang legendaris itu? Berikut beberapa inspirasi gambar pemandangan yang simpel tapi tetap mantap!

Inspirasi dan Cara Menggambar Pemandangan

1. Pemandangan pegunungan

Pemandangan pegunungan adalah gambar pemandangan yang sangat populer di kalangan anak – anak Playgroup sampai Sekolah Dasar.

Gambar ini biasanya disimbolkan dengan 2 segitiga yang berdekatan dan setengah lingkaran ditengah – tengahnya, segitiga berarti gunung dan setengah lingkaran adalah matahari terbit. Namun, para pelukis berpengalaman melukis gunung sesuai dengan gunung yang mereka lihat sendiri.

Cara menggambar pemandangan gunung cukup sederhana. Kuncinya adalah pada shading gunung dan langit. Gunung tidak melulu warna hijau zamrud atau hijau tosca.

Gunung bisa berwarna biru atau abu-abu. Padukan juga dengan warna-warna yang lebih pudar untuk menggambar gunung yang letaknya di belakang gunung yang lain.

2. Cara Menggambar Pemandangan Laut dan Hutan

cara menggambar pemandangan hutan
gegambaran saat masih berkutat dengan laprak dan PPT kuliah huhu

Pemandangan laut dan hutan ini biasanya digambar oleh kalangan Sekolah Menengah, biasanya kedua pemandangan ini disandingkan. Karena pemandangan tersebut memang sering dijumpai di muka bumi ini.

Pada gambar ini, sering digambarkan permukaan air laut yang sangat luas lalu di samping kiri atau kanan gambar ini ada pulau yang menjadi hutan. Kemudian di bagian atas gambar ada langit yang merah merona.

Untuk pemandangan laut, anda bisa memilih tema sunset atau cerah (bright).

Saat sunset, langit dan laut tidak selalu berwarna oranye. Pilih warna yang unik seperti ungu, pink, dipadukan dengan warna oranye yang samar-samar.

Lalu bagaimana dengan pemandangan hutan?

Gambar hutan paling sederhana adalah hutan di malam hari. Anda bisa memulai melukis lagit yang dipenuhi bintang. Kemudian tinggal melukis atau menggambar pohon yang berwarna hitam (atau bahasa kerernnya, siluet).

3. Pemandangan Malam Hari

cara menggambar pemandangan langit malam
source: lukisan punya adek sendiri hihi

Ini adalah salah satu favorit saya. Pemandangan malam hari identik dengan taburan bintang. Namun, taburan bintang saja belum cukup. Tambahkan sedikit “bumbu” agar terlihat lebih eye-catching! Apa itu? [drum roll].

Tentu saja! 

Paduan warna seperi langit andromeda dan awan-awan yang berwarna kelabu. Tambahkan siluet rusa atau pepohonan. Dijamin, gambar anda akan dipuji banyak orang!

Nah, sekarang saatnya kita coba menggambar sesuatu. Mulai dari yang paling ringan saja!

Oh, ya, apapun hasilnya, itu adalah gambar pemandangan anda dan patut anda apresiasi sendiri. Coba share ke orang-orang terdekat dan dengar penilaian mereka.

Bagi saya yang terpenting dari menggambar adalah kepuasan hati dan perasaan saat menggambarnya.

Selamat menggambar!

 

Salam,

nomsaa

18 thoughts on “Cara Menggambar Pemandangan tanpa Perlu Skill Master

  1. Waktu kecil dulu emang familiar banget menggambar gunung. Dua segitiga berjejer kemudian ada matahari di tengahnya. Karey itu yang paling mudah

  2. Anak-anak kecil sekarang semakin berani melebur warna. Zaman saya dulu warna gunung ya biru tua tok. Kalo sekarang ada gradasinya, bagus-bagus pula. Saya saja heran putri saya yang masih 3 tahun udah belajar gradasi warna. Kalo ibunnya bantuin mewarna, dia kesal kenapa ibunnya cuma pakai 1 warna krayon untuk satu obyek. Malah anak saya ngajarin, “Ini loh bun, pake ini, pake ini” sambil nyodorin beberapa warna krayon alternatif. Hahahaha. Ketawa-ketawa sendiri saya pas baca komen saya ini.

  3. Menggambar dua gunung, matahari dan awan itu memang yang sering kulakukan saat SD. Sekarang suka lucu sendiri membayangkannya. Memang sih ku tak pandai menggambar sampai sekarang ini. Ingin sekali rasanya bisa menggambar seindah itu, memadupadankan warna secara tepat juga kadang masih susah,hikss

    1. Gambar gunung dengan matahari ngempil di antaranya dan laut serta sawah di bawahnya itu keahlian aku banget. Jangan suruh gambar yang lain, gak akan bisa. Eh, tambah pohon yang mirip brokoli. Hahahaha.. Gambar ini kadang juga terkait pilihan warna ya. Harus bisa padu padan biar enak diliatnya.

  4. Sedari kecil saya paling seneng dengan keterampilan menggambar. Tapi sayang nya tidak dipelajari lebih detil dan tidak ada guru yg siap untuk membantu menggambar. Jadi yaaah keterampilan menggambar itu tdk dpt dilanjutkan kg

  5. Ah, ilmu ini yang tidak saya dapatkan di pelajaran kesenian waktu sekolah dulu. Jadi gambar kami sekelas hampir sama bentuk dan warnanya. Gurunya nggak koreksi dan bilang kalau boleh berkreasi dengan warna. Tahunya dulu ya langit itu biru, rumput itu hijau. Thanks ilmunya mba, bisa saya kasih tahu ke anak saya nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *