Cara Menggambar Bunga (8 Macam Bunga Basic)

Menggambar, kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Dalam satu kegiatan kita bisa meningkatkan kreativitas, memori, kemampun motorik, bahkan hingga kemampuan berkomunikasi. Menggambar tentu sebuah kegiatan yang membutuhkan ketelatenan. Untuk melatihnya, bunga adalah objek yang cukup mudah untuk digambar. Macam-macam cara menggambar bunga bisa kamu dapatkan dalam artikel ini.

Alat-alat yang Perlu Dipersiapkan

Tutorial menggambar bunga yang indah mungkin terkesan mudah, tapi harus dilakukan dengan teliti sehinga hasilnya lebih proporsional dan nyeni. Sebelum memulainya, hendaknya kita mempersiapkan alat-alat menggambar yang diperlukan.

1. Pensil

Salah satu cara menggambar bunga yang mudah adalah dengan menggunakan pensil. Dengan begitu kamu dapat menghapus gambar kamu jika terjadi kesalahan.

2. Penghapus Pensil

Sediakan penghapus pensil yang bersih agar tidak mengotori gambar kamu ketika menghapus. Pilih penghapus yang lentur namun padat dan tidak gambar mengelupas. Ketika menghapus gambar, pastikan kamu menghapusnya perlahan-lahan agar tidak merusak kertas.

3. Kertas Gambar

Kertas gambar ukuran A3 atau A4 cukup ideal untuk menggambar objek bunga. Untuk jenis kertasnya sesuaikan dengan pewarna yang akan kamu gunakan. Ada tips dan trik dalam memilih jenis kertas untuk menggambar di sini.

4. Pensil Warna atau Pewarna Lainnya

Ada banyak pilihan alat pewarna dengan karakteristiknya yang unik. Kamu dapat menggunakan 1 pack pensil warna untuk mewarnai bunga yang akan kamu gambar. Kamu juga bisa menggunakan cat air maupun crayon. Menggabungkan ketiganya pun bisa dilakukan jika kamu sudah menguasai tekniknya.

5. Drawing Pen

Kamu dapat menggunakan drawing pen untuk menebalkan sketsa bunga yang telah kamu gambar menggunakan pensil. Drawing pen memiliki berbagai macam ukuran, pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

6. Spidol

Spidol juga bisa menjadi pilihan untuk menebalkan sketsa bunga kamu.

Jika kamu telah memiliki alat-alat di atas, kamu siap untuk mulai menggambar. Berikut adalah tahap-tahap menggambar bunga dengan mudah dari berbagai macam bunga.

Cara Menggambar Bunga

1. Bunga Melati

Langkah pertama cara menggambar bunga melati adalah dengan membuat lingkaran kecil. Goreslah secara perlahan agar membentuk lingkaran yang sempurna atau paling tidak berbentuk rapih dan terlihat simetris, kemudian buatlah daunnya seperti gambar di atas.

Mulailah dengan membuat bagian mahkota bunga yang ada di sebelah kiri pada gambar tersebut terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan membuat lengkungan selanjutnya. Namun goresan untuk membuat lengkungan kedua dimulai dari sisi kanan daun pertama sebagaimana gambar di atas, kemudian gores sehingga membentuk lengkungan kearah bundaran kecil.

Langkah kedua adalah dengan melengkapi bunga tersebut dengan tiga lengkung tambahan. Gambarlah dengan cara yang sama seperti langkah pertama.

Langkah ketiga, buatlah satu bunga di sebelah bunga yang telah kamu buat. Lakukan dengan cara yang sama seperti langkah sebelumnya.

Kemudian, buatlah tangkai bunga beserta kelopaknya. Tahap ini sebaiknya dilakukan dengan membuat tangkainya terlebih dahulu. Perlu diperhatikan bahwa tangkai bunga tersebut bercabang dua dan memiliki tiga jari-jari pada masing-masing tangkai. Jika sudah, buatlah kelopaknya sebagaimana gambar di atas.

Langkah keempat, percantik gambar bunga yang telah kamu buat dengan menambahkan bunga serta kelopaknya agar terlihat menarik. Gambarlah beberapa bagian dari tangkai seolah-olah terletak di belakang bunga sebagaimana gambar di atas.

Langkah kelima, perbanyak bunga beserta tangkai dan kelopaknya menggunakan cara seperti langkah sebelumnya. Kemudian mulailah membuat daun di bagian kiri dan kanan bawah tangkai.

Langkah keenam, perbanyak daun di beberapa sisi tangkai. Jangan lupa untuk membuat garis melengkung di tengah masing-masing daun sebagaimana bentuk daun yang asli. Dengan begitu, satu langkah lagi kamu selesai mengikuti keseluruhan tutorial menggambar bunga yang indah.

Langkah terakhir, warnai sketsa bunga melati yang telah kamu buat dengan pensil warna sebagaimana gambar di atas. Beri sedikit gradasi warna agar terkesan lebih natural. Jika sudah, kamu telah berhasil membuat bunga melati kamu sendiri. Selesai sudah kamu mengikuti rangkaian cara menggambar bunga melati sesuai tahapannya.

2. Bunga Matahari

cara menggambar bunga matahari
contoh gambar/lukisan bunga matahari

Objek berikutnya adalah bunga matahari. Cara menggambar bunga matahari dengan mudah bisa kamu lakukan dengan mengikuti tahapan pada gambar di atas. Pertama, buatlah objek seperti lingkaran berukuran sedang namun ada lengkungan-lengkungan kecil di seluruh sisi nya. Kemudian buat lagi dengan ukuran yang lebih besar namun mengelilingi objek pertama.

Setelah itu, buatlah mahkota bunga sesuai dengan tahapan di atas. Jika sudah, buat tangkai dan daunnya seperti pada gambar 5 dan 6. Kemudian buatlah garis di tengah masing-masing mahkota bunga seperti pada gambar 7. Kemudian berilah warna pada bunga matahari kamu seperti gambar 8. Jika sudah, kamu telah berhasil mengikuti seluruh rangkaian tutorial menggambar bunga matahari.

3. Cara Menggambar Bunga Sakura

Untuk yang satu ini kami anjurkan kamu untuk menggunakan pensil karena bentuk bunga sakura cenderug lebih rumit. Berikut adalah cara menggambar bunga sakura dengan pensil.

Pertama-tama buatlah bagian tangkainya terlebih dahulu. Mulai dari bagian tangkai terbesar, kemudian buatlah bercabang seperti gambar di atas. Jika sudah, kamu bisa mulai membuat bunga sakura di beberapa bagian seperti gambar di atas. Namun, kamu harus menghapus beberapa bagian tangkai agar terlihat bahwa bagian bunga sakura yang kamu buat terletak di atas tangkai.

Jika sudah, berilah warna bunga seperti gambar sebelah kanan secara hati-hati. Seperti itulah cara menggambar bunga sakura dengan pensil.

4. Cara Menggambar Buga Anggrek

Cara menggambar bunga anggrek dapat kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama gambar dahulu bagian tangkainya seperti gambar di atas. Bagian tangkai berukuran kecil dan memiliki beberapa cabang. Jika sudah, gambarlah bagian mahkota bunga seperti gambar di atas.

Bentuk mahkota bunga anggrek cukup unik, jadi perhatikan gambar di atas dengan teliti sebelum kamu mulai membuat mahkota. Lalu tambahkan detail lain seperti bagian kelopak dan kepala putik seperti gambar di atas.

Seperti itulah cara menggambar bunga anggrek. Selamat mencoba!

5. Cara Menggambar Bunga Teratai

Dari semua cara menggambar bunga dengan mudah yang telah kamu ikuti, bunga yang satu ini cukup unik karena habitatnya adalah di atas air. Siapkan pensil, kertas gambar, serta penghapus kamu untuk mulai menggambar bunga teratai. Lakukanlah langkah-langkah di bawah ini.

Cara menggambar bunga teratai pertama-tama adalah buat bunganya terlebih dahulu. Bunga teratai memiliki mahkota dengan kelopak yang cukup banyak, buatlah dengan mengitari seluruh sisi. Jika sudah, buatlah satu bunga lagi dengan tangkai yang lebih panjang seperti gambar di atas sebagai variasi agar terkesan natural.

Kemudian langkah terakhir tutorial menggambar bunga teratai adalah dengan membuat daunnya. Ukuran daun bunga teratai cukup besar. Buatlah sebanyak lima daun di sekeliling bunga.

6. Bunga Sepatu

cara menggambar bunga sepatu
contoh gambar/sketsa bunga sepatu

Cara menggambar bunga sepatu cukup mudah, kamu bisa mulai dari menggambar tangkainya terlebih dahulu. Ukuran tangkai bunga sepatu berukuran kecil dan bercabang seperti gambar di atas. Kemudian buatlah daun dan kelopak bunganya seperti di atas.

Setelah itu buatlah tangkai sari yang menjalar ke atas seperti gambar di atas. Untuk menggambar bunga sepatu langkah terakhir adalah dengan menambahkan kepala sarinya. Jika sudah, kamu telah berhasil membuat bunga sepatu kamu sendiri.

7. Cara Menggambar Bunga Tulip

Objek selanjutnya adalah salah satu bunga yang paling banyak dibudidayakan manusia, yaitu bunga tulip. Tutorial menggambar bunga tulip dengan pensil sesuai gambar di atas dapat kamu lakukan dengan cara berikut. Pertama buatlah rumput kecil seperti gambar di atas. Caranya dengan menggores secara bergelombang hingga membentuk rumput.

Jika sudah, cara menggambar bunga tulip selanjutnya adalah dengan membuat daun-daun panjang yang menjalar tinggi ke samping. Lalu buatlah beberapa tangkai bunga tulip beserta kelopaknya secara hati-hati. Gambar bunga tulip ini akan lebih bagus jika diwarnai dengan pensil warna, crayon, maupun cat air. Adapun cara melukis dasar bisa dipelajari di sini.

Demikianlah cara menggambar bunga tulip dengan mudah.

8. Cara Menggambar Bunga Kamboja

Langkah pertama untuk menggambar bunga kamboja seperti gambar di atas adalah dengan membuat bunganya terlebih dahulu. Buatlah beberapa bunga dengan kelopak berjumlah empat seperti gambar di atas. Kemudian gambar kepala sarinya dengan bentuk seperti bintang berjari empat dengan titik tebal di tengahnya.

Jika sudah, langkah terakhir cara menggambar bunga kamboja adalah dengan menambahkan daun yang menjalar keluar di beberapa sisi bunga kamboja.

Itulah 8 step by step menggambar bunga yang mudah untuk mengisi waktu luang terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini. Tidak hanya menggambar bunga, gambar pemandangan pun juga sangat seru untuk dilakukan. Semoga bermanfaat dan selamat berkreasi!

24 thoughts on “Cara Menggambar Bunga (8 Macam Bunga Basic)

  1. Suka takjub sama orang yang punya bakat gambar melukis dan sebagainya deh. Bisa gitu tangannya buat gambar yang mirip aslinya. Saya sama sekali ga ada bakat k novi huhu. Hasil gambar bunganya bagus-bagus. Bunga kembojanya kok belum di upload k?

  2. Aku pernah belajar Chinese painting, latihannya lotus terus. Itupun sulit…hehe…Belum explore lagi untuk belajar bunga-bunga lainnya…

    1. Ternyata gambar macem-macem bunga juga ada caranya yah. Saya ngga bisa banget nih nggambar-nggambar apalagi doodling. Lebih seneng mewarna bunga aja. Hihi. Eh tapi ntar bisa dicoba deh tipsnya 🙂

    2. Aku paling ngga bisa gambar realis kek bunga2 di atas mba hihi. Paling banter bunga yah ada buletan di tengah terus dikelilingi 5 kelopak. Gamau ribet yah, tapi hasilnya ga sebagus gambar di atas. Aish keren.

    3. Wah, kayaknya gampang yaa
      Tapi bakat bakatan juga ya kan
      Bisa sih tapi kl ga rajin coba hasilnya ga bgs
      Tq yaa , mkin akan saya coba hehe

    4. Lebih bagus lagi kalau tutorialnya pakai gambar kak. saran aja nih ya..soalnya kalau lewat kalimat aja aku kurang paham. bayanginnya susah. hehe

  3. Seperti biasaaaaa, selalu kagum dengan artikel-artikel unik di Nomsaa. Sebagai ibu yang gak jago gambar, ini edukatif banget buat kita. Kekeke. Seenggaknya kalo anak saya minta digambarin bunga, bunganya gak cuma bunga matahari. hahahaha

  4. wah saya cuma baru bisa bikin bunga standar aja, bulet ditengah trus bulet2 si samping. entah itu gambar bunga apa deh mbak nom. Mbak tutorialnya pake foto dong atau video kalau lagi lowong biar kebayang yaaa heheh

  5. Wah aku langsung praktekin nih tipsnya
    Dan jadiiii. Huaaa seneng banget aku, akhirnya bisa gambar bunga model baru
    Selama ini paling banter bikin buletan di tengah, trus lima kelopak bulet disekelilingnya hahahaha
    Makasi kakaaak

  6. Menggambar bunga lumayan sulit mbak, maka dari itu gambarku ngga pernah ada bunganya. Mungkin setelah melihat tutorial ini akan saya asah kembali teknik menggambar bunga.

  7. Memang bakat menggambar ya, soalnya aku tidak bisa menggambar belum diberi warna aja gambarnya sudah bagus , ditambah ada warna tambah bagus dan keren
    malah kalua diberi bingkai bisa dijual loh hasil menggambar bunganya.

  8. Makasih tips menggambar bunganya yaa Mbak Novi… saya paling suka yg tulip. Mudah banget yaa.. Btw, mbak ga ada kepikiran bikin tips2 yg live langsung di Youtube ga, Mbak… kan makin keren tuh… atau udah ada ya, maaf kl udah hehe… tfs ya

  9. Suka menggambar bunga sejak kecil tapi belum pernah bagus hasilnya. Selalu kaku. Kelihatan banget bunga KW-nya, wkwkwk …

    Ternyata seperti menulis aja ya, ada teknik tersendiri dimulai dari menggores di bagian mana dulu. Coba ah, nanti praktek, moga-moga hasilnya jadi lebih bagusss.

  10. Bikin kelas offline nya kak.. agak gagap saya ngikutin petunjuk onlinenya…hehehe..maklumlah..ngegambar terakhir hanya untuk keperluan masuk kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *