Aplikasi Menggambar di Laptop Terbaik

Menggambar adalah sebuah kegiatan untuk mengekspresikan emosi, pikiran, dan imajinasi. Dahulu kita hanya mengenal alat-alat menual seperti kertas untuk menggambar. Kini berubah menjadi gambar yang menggunakan alat digital seperti Aplikasi Menggambar di Laptop maupun aplikasi menggambar smartphone.

Fitur – fitur yang di keluarkan pun selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya. Terkait dengan aplikasi kira-kira Aplikasi Menggambar Di Laptop itu ada apa saja ya? Aplikasi yang digunakan kebanyakan orang adalah aplikasi yang memang sudah terprogram di laptop windowsnya sendiri.

Aplikasi yang cukup sering kita dengar adalah Microsoft Paint. Cukup banyak orang yang menggunakan Microsoft Paint ini terutama orang yang masih awam. Sehingga sedikit orang yang mengetahui bahwa Aplikasi Menggambar Di Laptop itu sangat beragam.

Bagi teman-teman pecinta gambar yang menggunakan laptop wajib sekali mengetahui aplikasi yang pas atau sesuai buat anda. Disini saya akan ulas 3 aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat gambar digital.

Manfaat Aplikasi Menggambar di Laptop

  1. Memudahkan para seniman gambar untuk melakukan kreativitasnya dengan menggunakan fitur-fitur canggih yang ada di aplikasi mengambar dalam bentuk digital.
  2. Membuat para seniman gambar menjadi bekerja lebih cepat dan juga lebih kreatif karena dibantu dengan alat-alat modern yang dapat membuat gambar para seniman terkesan lebih berwarna ataupun lebih kelihatan seperti nyata.

3 Aplikasi Menggambar di Laptop Terbaik Tahun 2020

1. Paint Tool SAI

aplikasi menggambar di laptop paint tool sai

Aplikasi Menggambar Di Laptop yang satu ini adalah software raster editor grafis yang cukup ringan untuk digunakan pada Microsoft Windows. Aplikasi ini diterbitkan dan juga dikembangkan oleh Systemax Software. Pengembangannya dimulai pada 2 Agustus 2004. Tetapi peluncuran pertanya itu pada tanggal 25 Februari 2008.

Kegunaan Paint Tool SAI ini dapat digunakan untuk mendesain gambar sablon, emblem, komik berupa anime ataupun manga. Paint Tool SAI ini mempunyai alat transformasi yang dapat memindahkan, mengubah ukuran, memutur dan transformasi (prespektif). Kelebihan dari Pain Tool SAI ini seperti terlihat lebih nyata atau seperti 3D.

Selain gambar yang terlihat nyata, warna yang dihasilkan juga lebih bagus dan halus. Tetapi setiap aplikasi sudah pasti mempunyai kekurangannya masing-masing yang membuat hasil gambar yang kita inginkan jadi kurang sempurna dikarenakan aplikasi ini tidak bisa memberikan pattern ataupun background seperti yang ada di photoshop.

Aplikasi ini juga tidak difokuskan pada editing, maka untuk menyesuaikan editing gambar hanya dapat mengubah Brightness/Contrast dan Hue/Saturation.

Oh ya,bagi para pecinta gambar yang masih awam soal aplikasi gambar digital di Paint Tool SAI ini kalian dapat menggunakan sketch mode yaitu dengan menginput sebuah gambar yang sudah di scan atau foto yang mau dijadikan sketsa dan dasar gambar agar kalian tidak kebingungan dalam menentukan arah dan ukuran garis.

Software Paint Tool SAI ini memiliki harga yang cukup lumayan mahal memang yaitu sebesar  US$ 50, 81 atau setara dengan 707.193 rupiah.

2. Adobe Photoshop CC

aplikasi menggambar di laptop adobe photoshop CC

Siapa yang tidak mengetahui Photoshop? Bisa dikatakan aplikasi ini sudah diketahui publik sejak lama karena perdana dirilis saja sejak tahun 1990an. Tidak hanya para seni gambar melalui aplikasi saja yang mengetahui. Di kalangan fotografer sendiri pun pasti diwajibkan untuk memahami program Adobe Photoshop.

Keunggulan dari Adobe Photoshop CC adalah toolsnya yang jauh lebih lengkap dibandingkan aplikasi menggambar yang lainnya. Pengembangan fitur untuk tahun 2020 yang dilakukan oleh Adobe Photoshop CC sendiri berupa Auto Correction, Color Management, Content-Aware Fill, Brush tools dan lain sebagainya.

Untuk Panel Propertiesnya sendiri sekarang ini aksesnya cukup cepat kepada semua alat tipografi yang paling umum. Begitu juga dengan Panel Layer Compsnya yang didukung di dalam Smart Objects. Tetapi untuk melakukan perubahan anda harus membuka Smart Object jendela baru dahulu. (Referensi: https://creativepro.com/photoshop-cc-2020-new-features/).

Untuk kekurangan dari aplikasi ini adalah ukuran file besar,dikarenakan layer yang digunakan cukuplah banyak. Sehingga membuat storage penyimpanan terkadang tidak muat dan justru bisa menjadi kendala bagi seniman digital. Selain soal ukuran, layer yang begitu banyak juga dapat menghambat para pengguna yang masih belum begitu memahami tentang layer ini.

Untuk harga Adobe Photoshop CC yang satu ini dikenakan biaya bulanan sebesar Rp.424.900,00 di tahun 2020. Harganya bisa dikatakan tergolong mahal dikarenakan fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi ini sangatlah lengkap.

3. Corel Painter

"<yoastmark

Aplikasi tersebut sudah memasuki Painter terbaru yaitu Painter 2020 yang bisa diaplikasikan ke Windows maupun Mac. Sebelumnya Painter ini dikembangkan pertama kali untuk sistem Macintosh oleh Mark Zimmer dan Tom Hedges, pendiri Fractal Design Corporation.

Lalu seiring berjalannya waktu Fractal Design bergabung dengan RayDream, lalu dengan Metatools dan menjadi Metacreations sampai akhirnya sehingga Painter ini diakuisisi oleh Corel Corporation. Dan sekarang secara penuh dipasarkan oleh pihak Corel.

Dari segi tools Corel Painter menjadi semakin lebih baik dibandingkan sebelumnya. Baik dari segi warna, maupun brush yang mempunyai kemampuan hingga 20 x lebih cepat. Kecepatan brush ini dapat membantu para seniman gambar melalui aplikasi bekerja lebih cepat juga.

Aplikasi ini memiliki berbagai macam pilihan alat dan bahan seniman tradisional. Efek lukisan seperti cat air, minyak, kapur, arang, dan pensil warna, tongkat pastel, sikat udara, arang, pulpen bahkan alat dan bahan modern seperti Selang gambar, F/X, alat distorsi, dan F/X dapat diterapkan dalam gambar anda para seniman gambar melalui aplikasi.

Terdapat 900 + kuas di dalam aplikasi Corel Painter ini. Kuasnya ini seperti kuas nyata, kuas dalam aplikasi Core Painter ini akan kehabisan cat jika anda sedang mewarnai gambar anda. Hampir sama seperti mewarnai dengan kuas secara langsung buka?. Jadi teman-teman harus menekan lagi tombol cat yang habis tadi untuk melanjutkan pewarnaan.

Selain Kuas terdapat juga Panel Selektor Brush Compact baru yang mengambang dan ukurannya juga dapat diubah baik secara vertikal maupun horizontal tergantung pada tata letak kemauan pribadi.

Aplikasi Corel ini juga kompatibel dengan Wacom multi-touch tablet yang dapat menavvigasi melalui antarmuka Painter menggunakan jari pada tablet Wacom. Format gambar yang dipergunakan dari Corel Painter bisa berupa PNG, GIF, JPEG, TOFF, PSD (CMYK & RGB), MOV, AVI,BMP,TGA, maupun FRM.

Untuk program yang satu ini dikenakan biaya sebesar US$ 299 Dollar atau setara dengan Rp.4.160.076,00.

Penutup

Demikianlah ulasan Manfaat dan juga Aplikasi Menggambar di Laptop yang saya rekomendasikan untuk diinstal pada laptop anda para seniman gambar digital. Aplikasi diatas tentunya harus anda beli dahulu untuk dapat diprogramkan pada laptop anda masing-masing.

Dari 3 aplikasi di atas anda dapat memilih sesuai dengan kemauan dan juga kebutuhan anda. Tiga aplikasi diatas tentu menjadi pilihat terbaik bagi para ahli design tentunya. Dari segi harga memang tergolong mahal tetapi harga memang menentukan kualitas pastinya. Fitur-fitur dari setiap aplikasi yang sudah saya ulas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para seniman digital. Selamat mencoba!

19 thoughts on “Aplikasi Menggambar di Laptop Terbaik

  1. Nahiya, bersyukur banget hidup di zaman modern gini. Aplikasi gambar yang mudah buat pemula di hape pun ada, ya.

    Kalau di laptop masih lebih sering pakai Adobe. Mungkin karena dulu belajarnya di adobe duluan kali ya jadi kaya lebih ajeg aja sama menunya.

    Pernah nyoba corel, tapi masih belum terbiasa sama toolsnya. Harus sering dicoba lebih sering berarti

  2. wah jadi penasaran mbaknya pasti pinter gambar digital hehehe
    btw, aku suka takjub sama orang yang pinter gambar baik manual atau digital kaya sekarang ini, rasanya tangannya kok ajaib banget hahaha
    dan aku dulu punya temen begitu, dikit-dikit aku minta gambarin sesuatu gitu, mau tahu bisa mirip aslinya apa nggak wkwk itu mah namanya ngetes yak xixixi

  3. Wah, wawasan baru nih. Saya suka menggambar tapi belum pernah tahu, malah nggak terpikir juga ada aplikasi menggambar digital seperti ini. Kalau yang disebut Seniman Digital itu seperti apa sih maksudnya?

    Perkembangan teknologi ya, bahkan menggambar pun bisa dilakukan lewat media laptop. Kepengen coba, tapi belum tahu biasa dimanfaatkan untuk apa, hihihi …

  4. Keren banget ini, menggambar pakai aplikasi. Oh yah suamiku juga suka menggambar tapi tidak pakai aplikasi, langsung di kanvas. Beliau orang jadul jadi belum kenal aplikasi menggambar di laptop, aups ketahuan usianya, hihihi

  5. Ketiga aplikasi ini sangat powerful, tetapi mahal banget terutama Photoshop dan Corel Painter.

    Untuk versi opensource, inkScape sangat bisa dipertimbangkan. Atau bisa pake Adobe Sketchbook yang sekarang sudah gratisan.

  6. Huaaaa, Dewi butuh banget rekomendasi aplikasi menggambar di laptop. Selama ini hobi gambar, lalu berpikir pingin gambar di laptop tapi ga jadi-jadi. Lah kok bisa ketemu bacaan bergizi nih. Thanks ya kak…

  7. Paint Tool SAI ini paling banyak digunakan teman-teman komikus setahu saya, bahkan teman saya yang ilustrator juga pernah menggunakan. Btw, boleh tambah satu lagi itu Mbak, ada aplikasi menggambar open source namanya Krita

  8. Kalau saya sih pake Photoshop CS6 buat motong-motong gambar doang sih, atau mencerahkan gambar. Kenal Photoshop udah lama sejak 2010an, tapi jarang tak pelajari karena lebih fokus ke software grafis. Btw aplikasinya cocok banget buat yang suka gambar, apalagi gambarnya di laptop layar sentuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *