Aplikasi Menggambar di Android (Gratis, Mudah Digunakan)

Setelah sebelumnya mengenal berbagai media menggambar dan alat pewarna, kali ini saatnya mengenal media menggambar digital di Android. Menggambar secara digital menggunakan aplikasi menggambar di android cukup menyenangkan sekaligus menantang.

Jika menggunakan kuas asli dan melukis atau menggambar di kertas, kita harus beradaptasi dengan alat tersebut. Beda ceritanya jika kita menggunakan smartphone untuk menggambar.

Tentu kita harus menyesuaikan jari telunjuk untuk menggambar sesuatu agar terlihat lebih baik. Atau jika menggunakan stylus pen, kita harus mampu beradaptasi dengan permukaan stylus yang menyentuh layar smartphone.

Namun, anda tidak perlu khawatir karena di dalam artikel ini akan saya ulas mengenai beberapa aplikasi menggambar digital di android yang mudah. Dari mulai aplikasi sederhana hingga aplikasi yang memiliki fitur yang kaya dan beragam fungsi.

9 Macam Aplikasi android yang dapat digunakan

1. Aplikasi Menggambar di Android Paling Mudah : PicsArt

PicsArt merupakan aplikasi photo studio yang memiliki banyak fitur yang bisa membuat foto atau karya seni anda lebih menarik. Selain itu, anda juga dapat mengedit foto maupun menggambar dengan layanan fitur yang sudah tersedia secara lengkap dan menarik.

Semua itu dapat anda dapatkan hanya dalam satu aplikasi di smartphone anda yaitu dengan mendownload aplikasi PicsArt di smartphone anda. Di dalam aplikasi pics art banyak tersedia berbagai fitur yang bisa digunakan untuk menggambar dengan menghasilkan berbagai macam fitur layanan.

Misalnya seperti fitur drawing tools. Dengan adanya fitur drawing tools tersebut, maka akan mempermudah anda untuk membuat gambar atau mengedit gambar sesuai dengan selera yang anda inginkan.

Ada beberapa fitur yang dapat digunakan dalam aplikasi PicsArt:

a. Toko

Di dalam fitur ini, anda dapat mendownload perlengkapan yang dapat mendukung dalam menunjang hasil pengeditan anda. Dalam fitur ini juga terdapat pilihan sticker, latar belakang, font, masker, kolase, dan bingkai yang dapat didapatkan secara gratis hanya melalui satu aplikasi saja.

b. Alat

Di dalam fitur ini, merupakan fungsi dasar yang terdapat berbagai beberapa pilihan di dalamnya diantaranya yaitu:

  • Crop gambar : Dalam fitur memiliki guna untuk memotong gambar dan juga menyesuaikan tingkat kemiringan gambar sesuai dengan apa yang anda inginkan agar foto anda dapat terlihat lebih baik.
  • Potong gambar : Dalam fitur ini terdapat perbedaan dengan fitur crop gambar. Fitur potong gambar kita bebas memotong foto sesuai dengan ukuran gambar yang anda inginkan. Anda dapat menggunakan fitur ini ketika anda akan memotong bagian objek gambar atau akan menghilangkan background foto.
  • Pemotong bentuk : Dalam fitur ini memiliki kesamaan dengan dengan fitur crop dan potong gambar. Akan tetapi, dalam fitur ini memiliki banyak pilihan diantaranya yaitu persegi, bentuk hati, lingkaran, segitiga, dsb.
  • Penyebaran : Dalam fitur ini tersedia layanan fitur yang dapat digunakan untuk membuat efek potongan kecil yang nantinya dapat menyebar di setiap objek gambar.
  • Clone : Dalam fitur ini terdapat layanan yang dapat digunakan untuk menyatukan objek yang diinginkan sesuaikan dengan tempat yang telah anda tentukan.

Layanan fitur yang tersedia terdapat berbagai macam jenis tidak hanya itu saja. Di dalam aplikasi PicsArt juga dapat memberikan hasil kualitas gambar dengan resolusi tinggi yang terbaik sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Jadi, segera install aplikasi PicsArt di android anda sekarang juga. Hanya dengan waktu 5 menit saja anda dapat menggambar desain sesuai dengan keinginan anda.

2. Paper Draw

Paper Draw merupakan aplikasi lukisan yang baik untuk menggambar desain gambar sesuai dengan apa yang anda inginkan. Aplikasi ini memiliki ukuran sebesar 13 MB. Di dalam aplikasi memiliki berbagai jenis kuas yang dapat menawarkan anda jenis kuas sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Salah satu fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ini yaitu anda dapat mengimpor foto dan mengaturnya menjadi dalam bentuk mode transparan. Sehingga, dalam fitur ini dapat mempermudah anda untuk melacak foto atau gambar aslinya.

3. Sketch- Draw dan Paint

aplikasi menggambar di android

Sketch- Draw dan Paint merupakan aplikasi yang dapat memberikan kemudahan untuk anda agar dapat membuat gambar sesuai dengan apa yang anda inginkan. Fitur dalam aplikasi ini yaitu gambar sketsa dengan memanfaatkan menu tools dan brushes.

Selain itu, anda juga akan diberikan kemudahan dengan adanya tambahan fitur layers. Fitur aplikasi menggambar di android inilah yang membantu anda dalam membuar desain tampilan gambar atau membuat gambar sesuai dengan apa yang anda inginkan.

4. SketchBook

SketchBook merupakan aplikasi menggambar yang juga dapat memberikan banyak manfaat untuk anda dalam membuat gambar dengan cepat dan praktis. Aplikasi menggambar digital di android ini banyak dipilih karena tampilan yang sederhana dan fitur dasar yang lumayan lengkap.

5. Medibang Paint

Medibang Paint merupakan aplikasi terbaik untuk membuat gambar atau desain foto unik yang dapat anda dapatkan hanya melalui smartphone di hp anda. Dalam aplikasi ini terdapat layanan fitur yang dapat digunakan.

Salah satunya yaitu pencil, watercolor, G pen, airbrush, turnip pen, flat brush, round brush, school pen dan drawing pen. Dengan demikian, tunggu apalagi segera download dan pasang aplikasi Medibang Paint di android anda saat ini juga!

6. Adobe Illustrator Draw

Adobe Illustrator Draw merupakan salah satu aplikasi yang populer untuk membuat gambar maupun membuat hasil editan gambar. Terdapat berbagai layanan fitur tersedia yaitu tersedia 5 variasi pens. Tunggu apalagi segera install aplikasi Adobe Illustrator Draw.

7. Silk Paints

Silk Paints merupakan aplikasi menggambar dilengkapi dengan multi-kuas yang dapat menciptakan suatu hasil editan gambar yang unik dan menarik. Dalam aplikasi ini terdapat layanan fitur set kuas untuk menggambar dengan tersedianya layanan fitur life tracks. Fitur ini dapat merekam proses menggambar dan menayangkan kembali hasil

file editan dengan sekejap. Selain itu, dalam fitur ini juga dapat mempermudah untuk membuat wallpaper dengan animasi yang dapat bergerak.

8. Ibis Paint X

Aplikasi menggambar di android kali ini adalah aplikasi favorit dan menjadi andalan bagi saya. Meski versi gratisnya terdapat banyak iklan namun fiturnya bisa dibilang lengkap dan sangat dibutuhkan.

Tidak kalah dengan aplikasi menggambar di iPhone seperti Procreate, Ibis Paint X merupakan aplikasi memiliki 142 brush. Semua brush ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan karena memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda.

Selain itu, aplikasi ini juga manawarkan berbagai macam fitur guna mendukung keperluan menggambar anda. Beberapa di antaranya yaitu crop tool, blur tool, smudge tool, copy-paste tool, layer, bucket, text, lasso tool, dan masih banyak lagi.

Ibis Paint tidak kalah dengan aplikasi menggambar di laptop karena banyak keunggulan yang ia miliki. Semua fitur-fitur tersebut sekaligus kelebihan aplikasi digital ini dapat anda baca selengkapnya di sini.

9. LayerPaint

LayerPaint merupakan aplikasi yang cocok digunakan untuk mendukung hasil gambar anda karena terdapat layanan fitur yang mendukung yaitu multiple layers. Fitur tersebut dapat memberikan kemudahan untuk anda dalam menyimpan file dan membuat pola gambar sesuai dengan apa yang diinginkan.

9 aplikasi menggambar di android terbaik diatas dapat menjadi salah satu penunjang hasil edit gambar anda agar terkesan lebih menarik dan bagus. Bahkan hanya melalui satu android saja anda juga dapat menggunakan 10 aplikasi secara bersama-sama.

Jika anda telah mahir dalam melukis atau menggambar menggunakan teknik dasar, saatnya mencoba cara yang berbeda yaitu menggambar digital di android. Yuk, segera coba 9 aplikasi terbaik di smarphone anda agar desain dan gambar dapat terkesan jauh lebih bagus dan menarik.

 

nomsaa

23 thoughts on “Aplikasi Menggambar di Android (Gratis, Mudah Digunakan)

  1. Ibis Paint X, merupakan app android favorit, yang enta kenapa membuatku mudah untuk menggunakannya…. Skr mo ganti laptop, apa beli yang bisa dilipat ya, biar bisa coret2 juga. hahaha.

  2. Sepertinya menggambar lewat media Android Smartphone butuh kesabaran dan ketelitian ya,karena beda banget menggambar diatas kertas.

    Ngomongin 9 aplikasi,aku familiar sama no.1 PicsArt.
    Tapi next, aku juga mau cobain aplikasi yang lain dech. Karena setiap aplikasi pasti punya tantangan tersendiri,serta kesulitan nya

  3. Di androin aku baru ada PiscArt ama Canva aja. Itu pun engga perfek sih akunya. Soalnya kecil yah, enakan di laptop. Sekarang banyak yah pilihan aplikasi menggambar. Tapi gimana-gimana, tetap aja harus kreatif.

  4. Hwaa coba ta’ kasih tau ke anak yang hobi nggambar nih pasti dia seneng banget dpt referensi aplikasi menggambar seperti ini. Anak sulung saya kebetulan pinter gambar, spesialis menggambar manga. Modal pensil 2B sama buku sketsa, jadi deh komik, hehe

  5. Wow di zaman yang serba digital ini , terbantu banget ya untuk hobby menggambar, terbantukan dengan beberapa macam menggambar di android secara gratis dan mudah pula ya kak, tapi tetap harus install aplikasinya dulu ya . Aku pernah pakai picsart kalau yg lain blm . Makasih kah info bermanfaatnya.

  6. Biar melalui aplikasi tetap saja saya enggak bisa menggambar. Namun, dengan adanya aplikasi ini tertolong banget untuk mencorat-coret enggak jelas.

  7. Aplikasi semacam ini pernah aku coba ., tp aku gak begitu jago cara pakainya., mungkin karena skill atau minatku bukan didunia menggambar, namun setidaknya aku pernah mencoba, dan aku menyadari bahwa sesungguhnya menggambar itu juga butuh skill…. kalo tak ada jiwa seni menggambar maka gak akan pernah bisa menciptakan gambar yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *